Southampton - Catatan tak terkalahkan Everton musim ini akhirnya terhenti juga. The Toffees tumbang dengan skor 0-2 dalam lawatannya ke markas Southampton. Duh!

Everton dalam kepercayaan diri tinggi saat melawat ke St Mary's, Minggu (25/10/2020) malam WIB. Sebab mereka berada di puncak klasemen dengan catatan tak terkalahkan di lima laga terakhirnya di Liga Inggris.

Permainan mantap Dominic Calvert-Lewin dan James Rodriguez benar-benar mendongkrak performa anak asuh Carlo Ancelotti itu. Maka wajar jika Southampton tidak dijagokan.

Belum lagi, Southampton belum pernah mengalahkan tim yang ada di puncak klasemen Premier League setelah terakhir menaklukkan Liverpol 1-0 pada September 2013, alias tujuh tahun lalu!

Maka dari itu, Everton coba bermain menyerang sejak menit awal. Tapi, Southampton malah mengejutkan ketika mampu membalas serangan demi serangan Everton. Bahkan lini serang Everton tidak mampu menembusnya.

Dominic Calvert-Lewin sepanjang babak pertama tidak bisa masuk ke kotak penalti karena selalu dijaga 2-3 pemain saat menguasai bola. Southampton membuka keunggulan di menit ke-27 saat James Ward-Prowse mendapat bola sodoran Danny Ings.

Prowse masuk ke kotak penalti sebelum menembak kencang ke tiang jauh tanpa bisa dihalau Jordan Pickford. Everton yang berupaya mengejar ketertinggalan malah kebobolan lagi di menit ke-35.

Danny Ings kembali jadi arsitek gol ketika pergerakan di sisi kiri diakhirinya dengan umpan ke tiang jauh. Di sana ada Che Adams yang sukses mengonversinya jadi gol, kembali lewat tembakan ke tiang jauh.

Tertinggal dua gol membuat Everton makin sulit mengimbangi permainan Southampton. Pada babak kedua, tuan rumah malah bermain aman dan Everton praktis tak membuat peluang sama sekali di 30 menit terakhir.

Yang ada Everton malah kehilangan Lucas Digne yang di kartu merah di menit ke-72 usai melanggar Kyle Walker-Peters. Everton tumbang dengan skor 0-2 dan harus merelakan catatan tak terkalahkannya musim ini selesai.

Everton memang tidak pernah menang ketika tertinggal dua gol di babak pertama pada era Premier League. Ini jadi pekerjaan rumah untuk Carlo Ancelotti dan harus diselesaikan jika Everton ingin finis empat besar.

Sebab, Everton kini cuma unggul selisih gol atas Liverpool di posisi kedua klasemen, dengan 13 poin. Untuk Calvert-Lewin, dia mati kutu karena tak membuat attempts satu pun dan rentetan golnya pun terhenti.

 

Komentar
paper plane