menu
user
URtainment

Keroncongkan Sekitarmu, Usaha 'Membumikan' Keroncong ala Kos Atos

Shelly Lisdya,
12 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Keroncongkan Sekitarmu, Usaha 'Membumikan' Keroncong ala Kos Atos
Image: Personel Band Kos Atos. (Istimewa)

Malang - Untuk ukuran band kampus, tujuh tahun adalah waktu yang lumayan lama untuk terus berkarya. Buktinya adalah, tiga album yang telah menghiasi diskografi mereka.

Dan pada tanggal 31 Maret 2021, Kos Atos band asal Malang ini melanjutkan langkah dengan merilis satu tembang baru, yakni 'Keroncongkan Sekitarmu', sekilas terdengar serius, atau mungkin ambisius ya, Urbanreaders.

Namun sesungguhnya jauh dari itu. Lewat single ini, Kos Atos malah ingin 'membumikan' musik keroncong ragam irama yang katanya sulit untuk dimainkan.

Dan sejalan dengan maksud itu, lagu ciptaan Michelle Brilly dan Krisna Satria Winata ini memang terdengar easy listening alias mudah dicerna. Lalu kenapa harus mengeroncongkan sekitar?

“Ah, gak muluk-muluk sih, sejujurnya. Kami hanya ingin membawa musik keroncong ke khalayak luas, terutama generasi muda. Seperti pengen bilang, hei, keroncong gak sesulit itu kok,” kata Fajar Sandy, gitaris dari Kos Atos.

“Sebenarnya itu (memperkenalkan musik keroncong) juga salah satu alasan kami berdiri. Namun di saat yang sama, kami juga melakukan eksplorasi (musik keroncong).  Jadi sebenarnya gak terlalu manut ‘pakem’ yang saklek juga. Kami masih ada pop-nya," timpal Billy.

“Karena menurutku, ‘pelestarian’ dan ‘pengembangan’ memang harus berjalan seimbang,” tambah salah satu personel termuda Kos Atos tersebut.

Tak hanya dilepas dalam format digital di Spotify dan kawan-kawan, “Keroncongkan Sekitarmu” juga tersedia dalam format Music Video (MV). Karya audiovisual ini disutradarai oleh Vigil Kristologus, yang merupakan percussionist unit ini.

Sedangkan Jauhar Alfiyan yang baru saja menggarap MV terbaru Begundal Lowokwaru ini dipercaya sebagai Director of Photography. Ia, dibantu oleh Zulfan Bahtiar yang juga berperan sebagai editor MV ini.

Sebagai tambahan, single ini diproduksi oleh Creatorikos, rumah produksi bentukan mereka sendiri. Seperti rilisan-rilisan mereka terdahulu, Eka Catra (pemain cak Kos Atos) bertanggungjawab atas recording, mixing, dan mastering lagu ini.

Sebelum merilis single ini, Kos Atos sempat disibukkan oleh beberapa hal. Yang terakhir, mereka menggelar konser daring bertajuk 'Virtual Concert Music for Humanity' di stadion Gajayana, Malang. Konser ini juga merupakan perayan ulang tahun mereka yang ke-7. 

Selain itu, mereka juga sempat bagi-bagi masker ke sekitar dengan campaign #MaskerkanSekitarmu. Mengenai rencana ke depan, Kos Atos akan merilis beberapa single, sembari menggarap album keempat mereka. Materi-materi album tersebut konon sudah mulai dikumpulkan sejak tahun lalu. 

“Di tengah pandemi, gak ada live, gak ada konser, kami akhirnya workshop. Mengumpulkan materi-materi baru sambil bicara rencana ke depan meskipun penuh keterbatasan,” terang Vigil, personel perkusi.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait