Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Ketua KPI: Saipul Jamil Bisa Tampil di TV untuk Edukasi Bahaya Predator

Nivita Saldyni,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ketua KPI: Saipul Jamil Bisa Tampil di TV untuk Edukasi Bahaya Predator
Image: Ketua KPI Pusat Agung Suprio (YouTube/Deddy Corbuzier).

Jakarta - Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, Agung Suprio buka suara mengatakan bahwa pihaknya tak melarang Saipul Jamil tampil di televisi (TV). Agung menegaskan bahwa KPI hanya membatasi dan memperbolehkannya tampil untuk kepentingan edukasi.

“Dia (Saipul) kan hak asasi manusianya ada loh cuma kan misalnya ada komisioner bilang ada HAM, ada kepatutan (kelayakan), ada publik. Gimana lo membedakan itu sementara TV itu ruang publik? Nah akhirnya yaudah kami buat surat, kami mengecam glorifikasinya. Nggak boleh,” ungkap Agung lewat podcast terbaru di YouTube Deddy Corbuzier, Kamis (9/9/2021).

"Dia bisa tampil untuk kepentingan edukasi. Jadi misalnya dia hadir sebagai bahaya predator, itu kan bisa juga dia tampilkan seperti itu. Kalau untuk hiburan, ini yang belum bisa di dalam surat edaran itu,” imbuhnya.

Menurutnya, langkah tersebut tidak melanggar HAM. Sebab Saipul Jamil masih bisa tampil di TV, namun untuk kepentingan edukasi.

“Jadi gue nggak melarang, tapi membatasi. Jadi ini yang harus dipahami. Jadi nggak ada pelarangan ‘wah lo nggak bisa kemana-mana’, itu melanggar HAM. Tapi ini kami batasi,” imbuhnya.

Namun ditanya soal berapa lama pembatasan itu dilakukan, Agung mengaku pihaknya masih harus mengevaluasinya kembali.

"Ya nanti kami evaluasi dong, kami lihat dulu," tutupnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait