menu
user
URtech

Keyboard Laptop Mendadak Nggak Berfungsi? Ini 6 Tips Mengatasinya!

Nivita Saldyni,
27 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Keyboard Laptop Mendadak Nggak Berfungsi? Ini 6 Tips Mengatasinya!
Image: Ilustrasi bekerja dengan laptop. (Pixabay/Engin_Akyurt)

Jakarta - Keyboard adalah salah satu bagian penting dari laptop. Kebayang dong bagaimana paniknya kalau tiba-tiba keyboard tak berfungsi saat sedang digunakan? Hal ini tentu bakal menghambat pekerjaan kamu.

Nah keyboard sendiri merupakan salah satu bagian yang rentan rusak. Apalagi kalau kamu sering menggunakannya, sehingga banyak faktor yang mungkin bisa menyebabkan keyboard tiba-tiba tak berfungsi.

Dilansir PC Mag, setidaknya ada dua hal yang menyebabkan keyboard laptopmu tak berfungsi. Bisa jadi karena software atau hardware, guys.

Nah setidaknya ada enam tips mengatasi keyboard laptop yang tak berfungsi, seperti dikutip Urbanasia dari PC Mag berikut ini :

1. Cari tahu dulu kerusakan pada keyboard laptopmu

1616304188-mencoba-keyboard.jpgSumber: Ilustrasi keyboard laptop. (Freepik)

Untuk mengecek sumber masalah kerusakan keyboard laptop, cobalah akses BIOS laptopmu. Caranya, matikan dan nyalakan kembali perangkat laptopmu.

Kalau kamu tak bisa masuk ke BIOS dan menggunakan keyboardnya, kemungkinan besar masalah ada di hardware. Sebaliknya, kalau kamu bisa masuk BIOS dan menggunakan keyboard, maka kemungkinan kerusakan ada pada software.

2. Coba restart laptopmu

Salah satu masalah pada keyboard yang paling umum terjadi adalah ketika seluruh bagian keyboard tiba-tiba tak berfungsi dengan baik. Atau bisa jadi respons yang diberikan lambat.

Nah saat hal ini terjadi, cobalah untuk menyalakan ulang atau restart laptopmu. Cara ini kemungkinan bisa memabantu kamu menyelesaiakan permasalah ini. Atau kalau tidak, coba  boot ke Safe Mode dan lihat hasilnya.

3. Bersihkan keyboard

1616304146-membersihkan-keyboard.jpgSumber: Ilustrasi membersihkan keyboard laptop. (Freepik)

Masalah lain yang mungkin menyebabkan keyboard mendadak 'ngambek' adalah karena ada debu dan kotoran yang menumpuk.

Untuk itu, coba deh bersihkan dulu keyboardmu dengan cara buka laptop dengan sudut 45 - 75 derajat, pegang dengan posisi terbalik kemudian goyangkan. 

Untuk yang punya vakum keyboard, kamu juga bisa menggunakannya untuk membersihkan celah-celah keyboard. Cara ini membantu kamu lebih cepat membersihkan keyboad.

4. Instal ulang driver keyboardmu

Selain masalah-masalah di atas, masalah lain yang bisa menyebabkan keyboard tak berfungsi dan atau kurang responsif saat kamu sering menginstal perangkat lunak pihak ketiga atau mematikan laptop tanpa menggunakan menu 'Shut Down'. Jika itu yang terjadi maka cobalah menginstal ulang driver keyboard laptopmu.

Caranya, klik menu 'Start' dan cari 'Device Manager'. Kemudian pilih dan klik bagian 'Keyboard'. Lalu klik kanan pada bagian tersebut dan pilih 'Uninstall Driver'.

Setelah itu restart laptopny dan Windows akan otomatis memasang driver bawaan untuk keyboardmu dan membuatnya befungsi normal kembali.

Namun jika saat memilih menu 'Keyboard' dan kamu melihat tanda segitiga kuning di atasnya dengan tanda seru di dalamnya artinya kamu harus butuh mengupdate driver keyboard dari website resmi produsen laptopmu.

5. Coba lepaskan baterai

1616304309-Ilustrasi-mengganti-baterai-laptop.pngSumber: Ilustrasi mengganti baterai laptop. (Freepik/bublikhaus)

Masalah lain yang menyebabkan keyboard tak berfungsi kadang-kadang karena baterai laptopmu terlalu panas alias overheat.

Nah jika hal ini yang terjadi, maka kamu bisa coba mematikan laptopmu dan melepaskan baterainya jika memang bisa dilepas.

Kemudian pasang kabel dayanya dan coba restart laptop tanpa memasang kembali baterai. Jika cara ini berhasil membuat keyboard laptopmu berfungsi, mungkin kamu butuh mengganti bateraimu guys.

6. Periksakan laptopmu ke service center resmi

Jika beberapa cara di atas belum juga bisa membantu kamu menyelesaikan masalah, cobalah bawa laptopmu ke service center resmi agar ditangani langsung oleh ahlinya.

Ini adalah jalan terakhir yang bisa kamu lakukan jika memang cara-cara sebelum tak membuahkan hasil ya, guys.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait