beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Khasiat Bambu untuk Kesehatan Kulit, Bisa Jadi Bahan Detox Alami

Izzah Putri Jurianto,
15 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Khasiat Bambu untuk Kesehatan Kulit, Bisa Jadi Bahan Detox Alami
Image: Ilustrasi Hutan Bambu (Foto: Pexels/Pixabay)

Jakarta – Sebagian besar skincare buatan Korea hampir selalu memasukkan bambu sebagai komposisinya. Bambu sendiri banyak ditemukan di daerah tropik seperti benua Asia, Afrika, dan Amerika. 

Banyak skincare yang berbahan dasar bambu menjadi bukti bahwa kandungan ini bagus dan berkhasiat untuk kulit wajah. Produk yang paling banyak punya kandungan bambu biasanya adalah masker wajah, baik yang bentuknya sheet mask ataupun wash-off. Penasaran apa saja manfaat bambu untuk kulit wajah? Simak penjelasan dari Urbanasia berikut ini.

1. Menguatkan Kulit

Kandungan bambu pada skincare dapat membuatnya jauh lebih kuat. Misalnya, seiring pertambahan usia, kulit cenderung jadi lebih kendur dan keriput. Bambu dapat mencegah hal ini dan membuat kulit jadi tetap kencang.

Tak hanya itu, menggunakan skincare berbahan bambu juga bagus untuk melindungi skin barrier agar tidak mudah berjerawat. Biasanya jerawat disebabkan oleh paparan bakteri dan polusi. Bambu berperan sebagai pelindung pada lapisan terluar kulit.

1611810169-perawatan-wajah.jpgSumber: Ilustrasi perawatan wajah. Sumber: Freepik.

2. Menghidrasi Kulit

Bambu dikenal punya kandungan silika yang tinggi. Silika diakui ampuh membuat kulit tampak lebih bercahaya. Selain itu, silika juga dapat menghasilkan kolagen yang membuat penampilan kita jadi lebih awet muda. Penggunaan skincare dengan bahan bambu secara rutin mengklaim dapat menghaluskan kulit yang bertekstur.

3. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Seolah tak cukup dengan kandungan silika, bambu juga kaya akan senyawa lain seperti asam amino dan flavonoid. Kedua senyawa tersebut adalah antioksidan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya stres oksidatif pada kulit. Stres oksidatif adalah kondisi yang terjadi karena ketidakseimbangan antioksidan dan radikal bebas.

Menariknya lagi, kedua senyawa tadi mampu melindungi kulit kita dari sinar UV. Jadi nggak perlu khawatir belang walau berlama-lama di bawah matahari, deh!

4. Detox Alami

Pernah mencoba melakukan detox wajah? Detox wajah dilakukan untuk mengangkat racun yang masuk ke dalam kulit wajah akibat lingkungan sekitar. 

Menggunakan skincare berbahan dasar bambu dapat membantu kamu melakukan detox wajah, loh. Sebab, bambu memang sudah terbukti ampuh untuk membasmi kotoran yang menumpuk di kulit wajah.

Hayo, siapa yang belum pernah mencoba skincare dengan kandungan bambu? Setelah baca penjelasan tadi, pastinya jadi tertarik dan makin penasaran ya. Next, Urbanasia akan siapkan rekomendasi produk skincare yang mengandung bambu khusus untuk Urbanreaders. Ditunggu, ya!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait