beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Kisah Michelle Obama, Sosok di Balik Kesuksesan Barack Obama

Suci Nabila Azzahra,
24 November 2022 20.03.10 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kisah Michelle Obama, Sosok di Balik Kesuksesan Barack Obama
Image: Michelle Obama. (Instagram @michelleobama)

Jakarta - Siapa tak kenal istri mantan orang nomor satu di Amerika Serikat, Barack Obama? Yup, dia adalah Michelle Obama yang merupakan istri dari presiden ke-44 Amerika Serikat. 

Michelle Obama merupakan seseorang yang berprofesi di bidang hukum. Wanita pemilik memiliki nama lengkap Michelle LaVaughn Robinson ini lahir di Chicago, Illinois pada 17 Januari 1964. Ia merupakan anak dari kelas menengah pasangan Marian dan Fraser Robinson.

Semasa kecil Michelle dibesarkan di sebuah bungalow kecil di South Side, Chicago bersama ayahnya yang merupakan seorang operator pompa kota.

Sedangkan ibu Michelle berprofesi sebagai seorang sekretaris di Spiegel. Michelle juga memiliki saudara laki-laki bernama Craig yang terpaut usia 12 bulan.

Tak heran jika ia dan saudaranya kerap dikira sebagai saudara kembar. Hubungan Michelle dengan keluarganya sangat akrab dan dekat, selalu berbagi, membaca, dan bermain bersama.

Namun karena kondisi rumah mereka yang kecil, Michelle dan Craig harus tidur di ruang tamu dengan selimut sebagai penyekatnya. Meski Michelle dan saudaranya berasal dari keluarga yang tidak kaya, tapi keduanya dibesarkan dengan pendidikan yang kuat.

Bahkan Michelle sudah mulai belajar membaca sejak usia empat tahun. Selain itu, Michelle dan Craig mendapat akselerasi di sekolahnya karena prestasi keduanya. Kemudian Michelle memilih program kelas bahasa Prancis dan biologi lanjutan.

Michelle pernah menjadi bendahara OSIS dan anggota National Honor Society saat bersekolah di SMA Whitney M Young Magnet. Pada tahun 1981, ia menjadi lulusan terbaik di sekolahnya dan melanjutkan pendidikan di Princeton University mengikuti saudara laki-lakinya.

Ia mengambil jurusan Sosiologi untuk mengeksplorasi hubungan antara alumni kulit hitam dan komunitas di dalam skripsi penelitiannya.

Kemudian, pada tahun 1985, Michelle lulus cum laude dan melanjutkan pendidikan Masternya di Harvard Law School dan meraih program Juris Doctor (JD) pada tahun 1988.

Setelah lulus, Michelle memulai kariernya sebagai pengacara di Biro Bantuan Hukum Harvard untuk membantu klien berpenghasilan rendah. Setelah itu Michelle bekerja di firma hukum Chicago, Sidley Austin, di bidang pemasaran dan kekayaan intelektual.

Saat bekerja di firma hukum, ia bertemu dengan Barack Obama pada tahun 1989. Pada saat itu, Obama merupakan karyawan magang musim panas dan Michelle bertugas sebagai penasihatnya.

Obama yang menyukai Michelle terlebih dahulu, kerap mengajak dirinya untuk berkencan. Namun Michelle kerap menolak karena menganggap hubungan asmara di lingkungan kantor adalah hal yang tidak etis.

Meski begitu, Obama tidak menyerah dan akhirnya Michelle menjadi luluh. Keduanya kemudian berpacaran selama dua tahun hingga akhirnya menikah di Trinity United Church of Christ pada 3 Oktober 1992. Usai dua tahun menikah, keduanya dikaruniai dua orang putri yang bernama Malia (23) dan Sasha (20).

Meski harus menjalani peran sebagai seorang istri dan ibu, Michelle Obama tetap melanjutkan kariernya di bidang hukum. Hingga akhirnya pada tahun 2009 sampai 2019, ia menemani sang suami menjabat sebagai presiden AS.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait