beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Kisah Mistis Stasiun Anyer Kidul yang Dipercaya Banyak Makhluk Halus

Shelly Lisdya,
11 November 2022 19.35.01 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kisah Mistis Stasiun Anyer Kidul yang Dipercaya Banyak Makhluk Halus
Image: Ilustrasi stasiun. (Pinterest/radhityawiratama)

Jakarta - Stasiun Anyer Kidul yang sudah lama nonaktif ini menyimpan sejumlah misteri, seperti makhluk tak kasat mata yang kerap menampakkan diri.

Seperti diketahui, Stasiun Anyer Kidul yang terletak di Cikoneng, Anyar, Kabupaten Serang ini termasuk dalam Wilayah Aset I Jakarta serta merupakan stasiun kereta api yang lokasinya paling barat di Pulau Jawa. 

Dalam beberapa dokumentasi oleh YouTuber Indonesia, terlihat bahwa bangunan stasiun ini kondisinya sangat kurang terawat. 

Dalam buku 'Spoorwegstations op Java' karya de Jong, stasiun ini memiliki tiga jalur kereta api semasa aktifnya, serta memiliki dua peron rendah yang kini masih tersisa bekas-bekasnya, namun relnya sendiri sudah menghilang entah ke mana. 

Stasiun ini juga memiliki pemutar rel kecil dan menara air yang masih tersisa puing-puingnya. 

Bangunan stasiun yang masih asli peninggalan Staatsspoorwegen sudah dijadikan Cagar Budaya oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Di area stasiun terdapat bangunan makam yang dipercaya penduduk sekitar bahwa makam lurah tersebut dijaga oleh makhluk gaib. 

Tak jauh dari lokasi makam, terdapat sumur tua yang memiliki kedalaman sekitar lima meter. Dahulu, diceritakan ada seorang anak yang terpeleset ke dalam sumur, namun ditolong oleh sosok 'penunggu'.

Hanya saja kisah mistis di area Stasiun Anyer Kidul masih minim informasi, namun tak sedikit dari masyarakat yang memercayai banyaknya para 'penunggu' yang menempati bangunan tua itu.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait