beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Kisah Sukses Pendiri KFC, Pernah Jadi Buruh hingga Agen Asuransi

Suci Nabila Azzahra,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kisah Sukses Pendiri KFC, Pernah Jadi Buruh hingga Agen Asuransi
Image: Kolonel Sanders (Instagram @kelik_74)

Jakarta - Siapa yang tidak kenal dengan brand makanan cepat saji yang bernama KFC? Di balik terkenalnya KFC, ada seorang kakek berjasa yang mendirikan ayam goreng tepung ini. Dia adalah Kolonel Sanders

Berbekal kemampuan memasak dan meracik bumbu yang dimiliki, siapa sangka ayam goreng tepung buatannya menjadi menu andalan restoran Kentucky Fried Chicken hingga saat ini.

Pria yang akrab disebut Kolonel Sanders ini bernama asli Harland David Sanders. Ia dilahirkan pada 9 September 1890 di Henryville, Indiana. Saat usianya menginjak enam tahun, ia harus rela ditinggalkan sang ayah untuk selama-lamanya.

Hal tersebut membuat Kolonel Sanders harus turut membantu ibunya untuk menjaga saudara-saudaranya di rumah, lantaran sang ibu harus bekerja diluar rumah. Di usia 16 tahun, Sanders mendaftarkan diri untuk menjadi tentara, mengabdi di dunia militer menjadi pilihan hidupnya kala itu.

Setahun setelah itu, ia pun memutuskan untuk bekerja sebagai buruh di stasiun. Siapa sangka ternyata pekerjaan itu tak bertahan lama, ia harus dipecat karena kasus perkelahian yang dilakukannya.

Sanders yang dikenal sebagai sosok pantang menyerah pun banting setir menjadi agen asuransi. Tak hanya itu ia juga pernah berjualan ban untuk sekadar menyambung hidup. Kendati Demikian kegagalan demi kegagalan sudah menjadi makanan sehari-hari bagi dirinya.

Pada 1930 dia membuktikan semangat pantang menyerah dengan mulai bekerja di pom bensin di daerah Kentucky. Sanders yang memiliki kemampuan dalam hal memasak mulai menyajikan berbagai makanan dengan membuka resto kecil-kecilan untuk para pengunjung di sela-sela pekerjaan di pom bensin tersebut.

Kolonel Sanders akhirnya menemukan titik cikal bakal kesuksesannya. Pasalnya pada tahun 1939,  ia menemukan resep ayam goreng yang sangat lezat dengan sebelas bumbu rahasia racikan pribadinya, lalu ayam goreng tersebut dimasak dalam panci presto.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait