Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Klarifikasi Sunny Dahye usai Dituduh Hina Indonesia: Ambil Jalur Hukum dan Hiatus

Nivita Saldyni,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Klarifikasi Sunny Dahye usai Dituduh Hina Indonesia: Ambil Jalur Hukum dan Hiatus
Image: Sunny Dahye memberikan klarifikasi terkait isu 'Sunny Dahye Bohong'. (YouTube/SunnyDahyeIn)

Jakarta - YouTuber Korea Selatan, Sunny Dahye akhirnya muncul ke hadapan publik setelah dituding melakukan berbagai kebohongan hingga menghina Indonesia beberapa waktu lalu. Lewat video terbarunya di YouTube, Sunny meminta maaf dan mengumumkan langkah yang ia ambil terkait hal tersebut.

Lewat video berdurasi delapan menit yang diposting di kanal YouTube SunnyDahyeIn, Sunny mengaku bahwa dirinya terkejut dan terluka dengan rumor negatif yang beredar tentang ia, suaminya, dan juga keluarganya. Terlebih, Sunny merasa terluka karena rasa cintanya kepada Indonesia dipertanyakan.

"Ketika aku melihat postingan anonymous yang beredar di social media, jujur saat itu aku syok dan juga terluka dengan ratusan, ribuan komen yang mengatakan aku, menyuruh aku untuk mati. Ancaman mati dan juga kata-kata kasar yang seharusnya tidak ditujukan kepada seorang individual," kata Sunny seperti dikutip dari video YouTube terbarunya, Jumat (20/8/2021).

Sunny Mengaku Mentalnya Hancur

1629451681-Sunny-dan-sang-suami-minta-maaf.jpgSumber: Sunny Dahye dan Chris Okano, suaminya. (YouTube/SunnyDahyeIn)

Sunny juga mengaku bahwa mentalnya sedang benar-benar hancur saat ini. Terlebih dalam waktu yang bersamaan, ia baru saja kehilangan sang Ayah untuk selamanya. Oleh karena itu, Sunny mengaku butuh waktu untuk memberikan respons terkait berita tersebut.

"Aku merasa pada saat itu aku belum dalam kondisi mental stabil untuk bisa bereaksi langsung dan mengupload video klarifikasi untuk kalian semua," imbuhnya.

"Mental aku benar-benar hancur. Dan lebih hancur lagi ketika aku melihat postingan-postingan anonymous yang menyakiti teman-teman, orang-orang yang aku sayangi, influencer, non-influencer, dan juga teman-teman Sunshine yang sharing perspektif mereka mengenai aku. Dan hal yang membuat aku paling sakit hati adalah rasa cinta aku kepada Indonesia itu dipertanyakan," jelasnya panjang lebar.

Sunny merasa tuduhan dirinya merendahkan Indonesia sangatlah aneh. Sebab meski ia adalah warga Korea Selatan, namun ia tumbuh dan besar serta menimba ilmu sejak TK hingga kuliah di Indonesia.

"Aku bener-bener cinta guys dengan Indonesia. Dan aku hanya memiliki rasa hormat kepada negara ini yang mengajarkan aku budaya, tata krama, moral values dan juga sopan santun, semua dari negara ini (Indonesia)," tegas Sunny.

Soal Tudingan Akun Instagram Anonim, Sunny Ambil Jalur Hukum

1628997181-IMG-20210815-094830.JPGSumber: Sunny Dahye. Sumber: Instagram @sunnydahye

Sunny pun meminta maaf kepada semua orang jika memang ada kesalahan yang ia perbuat dan menyakiti orang-orang Indonesia. Namun ia mengaku tak akan berdiam diri menanggapi kasus ini.

"Aku tidak akan berdiam diri dan membiarkan nama baik aku dipertanyakan dengan alegasi (pernyataan tanpa bukti) yang salah. Maka karena itu teman-teman, aku memilih untuk mengambil jalur hukum bersama dengan pengacara aku dan sekarang kami sedang dalam tahap laporan ke pihak kepolisian," tegasnya.

Adapun alasan Sunny mengambil langkah ini karena menurutnya akun anonim tersebut telah melakukan beberapa pelanggaran hukum. Mulai dari memposting sesuatu kemudian mengklarifikasi dan menghapus dengan alasan kurang akurat, hingga diduga melakukan cyber bullying kepada sejumlah akun Instagram lainnya yang merupakan followers akun tersebut.

Akun tersebut, kata Sunny, bahkan memberikan ancaman untuk dirinya dan suami lewat direct message (DM) Instagram.

"Ancaman yang aku dan Chris dapat melalui DM yang didapatkan oleh Chris melalui akun anonymous ini sudah sangat melalui batas dengan itikad ingin menghancurkan karier kami," ungkapnya.

Ingin Fokus ke Keluarga dan Pulihkan Mental, Sunny Pilih Hiatus

1628997193-IMG-20210815-094807.JPGSumber: Sunny Dahye. Sumber: Instagram @sunnydahye

Sunny mengaku semua yang tengah terjadi ini membuat dirinya benar-benar terluka. Dengan pertimbangan kesehatan mentalnya, Sunny pun memilih hiatus dari YouTube dan juga media sosial lainnya.

"Dengan ini teman-teman, aku mengambil keputusan untuk mengambil break dari YouTube, social media akun-akun yang lainnya karena aku ingin fokus dengan keluarga dan juga mental health aku," kata Sunny.

Ia pun berterima kasih kepada semua yang telah memberinya dukungan. Sunny pun kembali meminta maaf kepada semua orang jika ada perbuatan maupun ucapannya yang menyinggung orang lain.

"Di sini aku ingin meminta maaf apabila aku pernah mengatakan sesuatu yang diambil di luar konteks yang pernah menyinggung pihak mana pun," pungkasnya.

Dalam video itu bukan hanya Sunny yang angkat bicara. Chris, suami Sunny juga meminta maaf kepada semua orang termasuk Natasha yang pernah bekerja dengan keduanya sebagai editor.

Ia pun menegaskan bahwa dirinya tak pernah berpikiran buruk tentang Indonesia. Bahkan ia mencintai Indonesia dan menghargai budaya Indonesia.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait