beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Kominfo Siapkan SuperApp Gantikan 24 Ribu Aplikasi Pemerintah

Shinta Galih,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kominfo Siapkan SuperApp Gantikan 24 Ribu Aplikasi Pemerintah
Image: Pixabay

Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, mengungkap rencana pemerintah menyiapkan aplikasi super alias super app. Kehadirannya akan menggantikan 24.400 aplikasi milik Kementerian dan lembaga pemerintahan sehingga lebih efisien.

"Ada 24.400 aplikasi beroperasi. Di setiap kementerian dan lembaga pemerintah daerah memiliki aplikasi yang berbeda-beda sangat tidak efisien," kata Johnny saat berbicara dalam Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia 2022.

"Sehingga perlu dibuat super aplikasi yang lebih efisien dan terintegrasi sebagai aplikasi pemerintah dalam hal ini cukup sekitar 8 sampai 10 aplikasi pemerintah," lanjutnya.

Saat ini Kominfo tengah menyiapkan roadmap. Nantinya dari 24.000 aplikasi ini, Kominfo melakukan shutdown dan menutupnya, selanjutnya secara bertahap akan dipindahkan ke dalam super app yang tengah disiapkan.

Johnny meyakini adanya super app bisa menciptakan efisiensi lebih tinggi dari intervensi fiskal yang dikeluarkan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Puluhan triliun hematnya, kalau itu bisa dilakukan luar biasa untuk kita,"terangnya.

Di lain sisi, pemerintah dalam rangka electronic government, menggunakan 2.700 pusat data. Saat ini hanya 3 persen yang tersimpan dalam server berbasis cloud. 

Sisanya bekerja sendiri-sendiri yang mengakibatkan sangat sulit untuk menghasilkan satu data sebagai implementasi data data driven policy di Indonesia.

“Jadi perlu kita siapkan dengan benar,” tandasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait