menu
user
URstyle

Konsultasi ke Dokter Bisa 24 Jam Lewat IGD Rumah Sakit Virtual Clubhouse

Kintan Lestari,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Konsultasi ke Dokter Bisa 24 Jam Lewat IGD Rumah Sakit Virtual Clubhouse
Image: Ilustrasi konsultasi ke dokter. (Freepik/jcomp)

Jakarta - Urbanreaders tahu kan aplikasi yang lagi hits belakangan ini di kalangan pengguna iPhone? Yap, betul Clubhouse.

Aplikasi media sosial berbasis audio ini punya semacam room atau ruang-ruang kelas yang membahas materi tertentu, mulai dari politik, teknologi, sejarah, komedi, sampai kesehatan.

Contohnya room bernama 'Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Virtual Clubhouse 24/7 Nonstop!' atau biasa disingkat IGD Clubhouse.

1614514273-IGD-Clubhouse.jpegSumber: Layanan instalasi gawat darurat di Clubhouse. (dok. IGD Clubhouse)

Room yang membahas hal-hal seputar kesehatan ini digagas oleh Sejarawan Indonesia, Asep Kambali.

“Room diluncurkan sejak 22 Februari 2021, dan telah diikuti oleh ribuan pendengar dari dalam dan luar negeri. Bahkan saat ini sudah terdaftar 120-an dokter dan spesialis dari seluruh Indonesia dan beberapa negara. Room berjalan selama 24 jam nonstop. Berisi diskusi seputar kesehatan dan kegawatdaruratan yang dipandu oleh para moderator, dan dijawab oleh para dokter dengan sangat baik,” jelas Asep Kambali.

Asep menjelaskan di room IGD Clubhouse ini pengguna bisa berkonsultasi dengan dokter-dokter yang tergabung.
 
“IGD Clubhouse adalah RS Virtual Clubhouse pertama di Indonesia, bahkan mungkin di dunia yang bersifat preventif, promotif dan  edukatif. Meski dibolehkan konsultasi, dalam room tidak bersifat kuratif dan tidak melayani pembuatan resep. Kedua hal itu harus dilakukan di fasilitas kesehatan dimana para dokter bertugas atau melalui aplikasi dimana para dokter terdaftar. Bagi masyarakat yang membutuhkan darah juga dapat  disampaikan dalam room tersebut, karena terdapat tim dari Blood4Life ID yang berjaga,” tambah Asep. 

Dipaparkan Asep, para dokter yang tergabung dalam room IGD Clubhouse merupakan sukarelawan sehingga mereka tidak dibayar. Para dokter tersebut murni mengaplikasikan prinsip 'Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lainnya'.

“Ini adalah solusi alternatif untuk menumbuhkan kesadaran akan kesehatan dan kegawatdaruratan bagi masyarakat. Room IGD Clubhouse ini secara khusus berfungsi sebagai wadah komunikasi, silaturahmi dan berbagi pengetahuan serta pengalaman para dokter/spesialis dengan masyarakat secara luas," tambah dia. 

"Room juga berfungsi untuk menumbuhkan kepedulian sosial dan kemanusiaan. Lebih jauh dari itu, room berguna dalam melatih public speaking, hospitality dan komunikasi para dokter dan audiens yang berpartisipasi di room tersebut,” pungkas Asep.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait