Hot News

Semarang – Menghadapi era new normal, objek wisata di beberapa daerah mulai beroperasi kembali, termasuk di Jawa Tengah.

Dengan dibukanya objek wisata, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta para wisatawan untuk menggunakan jasa tour guide atau pemandu wisata.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya menjaga ketertiban dan kepatuhan pengunjung wisata dalam menjalankan protokol kesehatan saat nantinya tempat wisata dibuka kembali.

Dengan adanya pemandu wisata itu, kata Ganjar, diharapkan pengawasan ketertiban wisatawan akan semakin optimal.

Menurutnya, jika tidak ada pemandu, wisatawan akan jalan sendiri-sendiri, berkerumun, dan tidak patuh protokol kesehatan.

"Dengan pemandu itu, maka bisa optimal. Selain itu, penjelasan akan sejarah, nilai-nilai dan informasi lain tentang obyek wisata ini akan semakin efektif," kata Ganjar, seperti dikutip dari Antara (19/6/2020).

Selain itu, orang nomor satu di Jawa Tengah tersebut meminta masing-masing pemerintah daerah untuk mengontrol pembukaan kembali sejumlah objek wisata di wilayah masing-masing untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

"Pemerintah kabupaten/kota perlu mengontrol ketat pembukaan objek-objek wisata guna meminimalisasi risiko penyebaran COVID-19," ujar Ganjar.

Ganjar mengatakan, pengontrolan ketat itu mesti dilakukan agar semua pihak mengindahkan protokol kesehatan.

"Imbauannya dikontrol ketat, yang tidak bisa dikontrol, tutup lagi. Kalau tidak dilakukan dengan ketat justru berbahaya," pungkasnya.


Loading ..