Liverpool - Liverpool memang rajanya comeback di Anfield belakangan ini. Itu terbukti saat The Reds berhasil mengalahkan Sheffield United dengan skor 2-1, usai tertinggal duluan.

Liverpool butuh kemenangan setelah melalui dua laga terakhir Premier League dengan satu poin, kalah 2-7 dari Aston Villa dan imbang 2-2 kontra Everton. Sudah begitu, Liverpool harus kehilangan Virgil van Dijk hingga akhir musim.

Untuk duet bek tengah, Liverpool memainkan lagi Joe Gomez dan Fabinho. Di lini depan ada perubahan ketika Diogo Jota jadi starter bareng trio Firmansah dalam formasi 4-2-3-1. Jordan Henderson dan Gini Wijnaldum menjadi double pivot.

Strategi ini sempat menyulitkan Liverpool karena Henderson dan Wijnaldum bertipe hampir sama, sehingga tidak ada yang menjadi gelandan bertahan murni. Fabinho harus bertugas mengawal lini belakang.

Sheffield malah unggul duluan di menit ke-13 saat Fabinho dianggap melanggar Oliver McBurnie di kotak terlarang setelah ditinjau lewat VAR. Padahal McBurnie terjatuh di luar kotak penalti. Sander Berge yang jadi eksekutor sukses mengecoh Alisson Becker untuk jadi gol.

Liverpool baru bisa menyamakan skor di menit ke-40 ketika sundulan Sadio Mane ditepis Aaron Ramsdale, tapi bola rebounr dengan cepat disontek Roberto Firmino ke gawang untuk jadi gol.

Mohamed Salah sempat bikin gol di awal babak kedua, tepatnya di menit ke-62, tapi dianulir wasit karena sudah terjebak offside lewat tinjauan VAR. Liverpool akhirnya bisa memenangi laga lewat gol kemenangan dua menit berselang.

Sadio Mane menusuk dari sisi kiri untuk kemudian mengumpan silang ke depan gawang dan di sana ada Diogo Jota yang menanduk bola ke gawang. Ini adalah gol kedua dari dua penampilan terakhir Jota di Anfield, pemain Liverpool pertama yang melakukannya setelah Mane pada September 2016.

Kemenangan 2-1 dipertahankan hingga akhir laga dan Liverpool melanjutkan catatan 13 laga tanpa terkalahkan di kandang, ketika tertinggal duluan, 10 kemenangan dan tiga imbang. Bahkan dalam sembilan partai terakhirnya selalu berujung kemenangan!

Catatan tak terkalahkan mereka di kandang memanjang jadi 62 laga, 51 menang dan 11 imbang, dengan memenang 28 laga dari 29 laga. Liverpool kini naik ke posisi kedua klasemen dengan 13 poin, kalah selisih gol dari Everton di puncak.

 

Komentar
paper plane