Amsterdam - Liverpool melalui ujian perdana tanpa Virgil van Dijk dengan sukses saat mengalahkan Ajax Amsterdam 1-0. Dengan duet bek tengah baru, The Reds malah clean sheet.

Liverpool mendapat kabar buruk akhir pekan lalu ketika Van Dijk divonis harus absen hingga akhir musim usai cedera ligamen lutut. Ini dikarenakan diterjang kiper Everton Jordan Pickford.

Karena cedera itu, Van Dijk harus menjalani operasi dan memakan waktu pemulihan 7-9. Belum selesai kabar Van Dijk cedera, Liverpool kembali kehilangan bek tengah lainnya Joel Matip yang absen kala melawat ke kandang Ajax Amsterdam pada matchday I Grup C Liga Champions, Kamis (22/10/2020) dini hari WIB.

Itu artinya Liverpool cuma punya satu bek tengah senior Joe Gomez yang dipasangkan dengan Fabinho sebagai bek tengah dadakan. Padahal Fabinho aslinya berposisi sebagai gelandang.

Pada laga di Johan Cruyff ArenA itu, duet Gomez dan Fabinho, malah bermain apik. Duet bek tengah ke-35 di era Juergen Klopp ini mampu menetralkan setiap serangan Ajax.

Dikutip Squawka, Fabinho dan Gomez membuat 19 sapuan, 15 kali merebut bola, memenangi 14 dari 17 duel, delapan kali intersep, tujuh kali memenangi duel udara dari sembilan kesempatan, dan tentunya tanpa kebobolan.

Bahkan Fabinho melakukan aksi akrobatik saat menyapu bola sepakan Dusan Tadic yang mengarah ke gawang kosong,

Ini setelah Liverpool dengan skor 1- 0 berkat gol bunuh diri Nicolas Tagliafico menyusul bola sepakan Sadio Mane yang membentur kakinya dan masuk ke gawang Andre Onana pada menit ke-35.

Bagi Liverpool ini adalah clean sheet kedua mereka dari 13 pertandingan tandang terakhir di Liga Champions. Ini juga jadi nirbobol pertama Liverpool dalam enam pertandingan terakhirnya.

Ketika Liverpool kelimpungan karena cedera Van Dijk yang merupakan komando di lini belakang, bisakah duet Gomez dan Fabinho jadi penyelamat? Kita tunggu saja.

Komentar
paper plane