menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Lukisan Karya Francis Bacon Dilelang Rp 871 Miliar

Eronika Dwi,
sekitar 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Lukisan Karya  Francis Bacon Dilelang Rp 871 Miliar
Image: istimewa

Jakarta - Balai Lelang Sotheby mengumumkan lukisan langka 'Triptych' pada 1981 karya pelukis terkenal Francis Bacon dilelang senilai Rp 871 miliar. Lukisan tersebut akan dilelang pada 13 Mei 2020 di New York. Lukisan 'Triptych' merupakan seri lukisan yang dibagi menjadi tiga buah terinspirasi oleh tragedi Yunani kuno, Aeschylus, abad ke-5 SM. 

Saat ini, lukisan tersebut di koleksi oleh Rasmus Astrup, seorang taipan dan pebisnis asal Norwegia yang mendirikan sebuah museum seni kontemporer swasta di Oslo. Penjualan lukisan ini akan digunakan untuk mendanai pengembangan dan pemeliharaan lembaga.

Kepala Seni Kontemporer untuk karya seni Eropa, Alex Branczik, mengatakan lukisan tersebut merupakan tragedi hebat di zamannya. Kemampuan Francis Bacon dalam melukis mampu mengguncang pasar seni internasional.

"Kemampuan Francis Bacon dalam menyampaikan ide-ide Aeschylus menjadi nilai plus dalam lukisan tersebut. Kekuataan abadi Yunani kuno yang digambar sesuai dengan kondisi manusia di abad ke-20," tutur Alex Branczik yang dilansir dari Hypebeast, Senin (9/3).

Sebelumnya, lukisan seri 'triptych' lainnya karya Francis Bacon tahun 1969 pernah dilelang di Balai Lelang Christie di New York pada 2013, dan mencapai rekor terjual RP2 triliun.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait