beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Makeup Waterproof dan Water Resistant, Apa Sih Bedanya?

Izzah Putri Jurianto,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Makeup Waterproof dan Water Resistant, Apa Sih Bedanya?
Image: Ilustrasi makeup. (Freepik/diana.grytsku)

Jakarta - Sekarang ini, makeup sangat berperan penting menunjang penampilan kita agar tampak semakin cantik dan mempesona. Tentunya, sebelum membeli produk makeup tertentu, kita punya beberapa ekspektasi tersendiri.

Beberapa orang, misalnya, ingin produk makeup yang tahan lama, tahan air, sampai tahan badai! Mereka biasanya adalah orang-orang yang sering berada di luar rumah untuk waktu yang cukup lama. Jadi, makeup yang tahan lama akan sangat membantu karena tidak perlu terlalu sering touch up.

Di dunia kecantikan sendiri, sudah muncul berbagai inovasi produk yang menjawab permasalahan ini. Ada dua istilah yang biasa kita dengar, yakni makeup waterproof dan water resistant. Meski sekilas tampak mirip, keduanya ternyata punya perbedaannya masing-masing, loh. Yuk intip bedanya apa saja.

Makeup Waterproof

1661147113-makeup-smudgeproof.jpgSumber: Ilustrasi makeup smudgeproof. (Freepik/drobotdean)

Sesuai klaimnya, makeup waterproof menjanjikan hasil makeup yang tahan keringat dan air, sehingga makeup di wajah tidak mudah luntur. Jenis makeup ini cocok digunakan oleh kalian yang akan beraktivitas cukup lama dan berat, namun tidak punya banyak waktu untuk touch up. 

Tentu saja, karena waterproof, akan cukup sulit untuk membersihkan sisa makeup hanya menggunakan facial wash. Kamu mungkin akan memerlukan jenis makeup remover khusus, seperti oil remover makeup atau cleansing balm, agar makeup lebih mudah terangkat. Tujuannya adalah supaya kulit wajah bersih sepenuhnya dari sisa makeup dan kuman yang menempel.

Karena ketahanannya inilah makeup waterproof kurang direkomendasikan untuk dipakai setiap hari, kecuali kamu memang membutuhkannya. Menggunakan makeup waterproof dengan frekuensi yang sering akan berpotensi membuat pori-pori tersumbat. Kulit jadi nggak bisa bernafas karena ditumpuk makeup terus-menerus.

Makeup Water Resistant

1657172464-pakai-makeup.jpgSumber: Ilustrasi pakai makeup. (Freepik/senivpetro)

Berbeda dengan sebelumnya, makeup water resistant menghasilkan riasan yang lebih ringan untuk wajah. Alhasil, ketahanannya kurang maksimal jika dibandingkan dengan makeup waterproof. Kamu juga harus sering melakukan touch up ketika makeup mulai hilang atau luntur. Untuk pemakaian di dalam ruangan ber-AC mungkin masih aman, tapi tidak jika digunakan di luar ruangan dengan cuaca panas.

Kabar baiknya, makeup jenis ini lebih mudah untuk dibersihkan daripada makeup waterproof karena punya formula yang lebih ringan. Hal ini juga tidak membuat kulit menjadi sensitif. Penggunaannya direkomendasikan untuk kamu yang suka ke acara-acara santai yang tidak terlalu membutuhkan makeup yang tahan lama.

Setelah tahu bedanya makeup waterproof dan water resistant, kira-kira jenis makeup apa yang lebih disukai Urbanreaders?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait