beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Tips Bikin Maskara Anti Smudge Tanpa Produk Waterproof

Kintan Lestari,
20 Juli 2022 17.00.06 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tips Bikin Maskara Anti Smudge Tanpa Produk Waterproof
Image: Ilustrasi maskara luntur. (Freepik/diana-eller)

Jakarta - Salah satu cara untuk mempercantik tampilan mata adalah dengan menggunakan maskara. Produk yang satu ini bisa bikin bulu mata lebih panjang dan tebal.

Tapi ada nggak enaknya nih terkait maskara. Setelah beberapa jam dipakai, beberapa maskara selalu smudge alias luntur. Solusinya gampang, cukup pakai yang waterproof.

Namun nggak semua orang suka maskara waterproof. Soalnya maskara waterproof sulit dibersihkan. Lalu buat yang muslim, kalau pakai waterproof agak khawatir wudunya nanti tidak sah.

Terus gimana dong biar maskara nggak smudge tapi nggak perlu pakai produk waterproof? Ada tips dari makeup artist yang bisa kamu contek nih. Simak tipsnya di bawah ini.

Minyak adalah Musuh

Melansir Real Simpel, makeup artist menganggap minyak adalah musuh maskara. 

"Minyak di kulit kita, atau dari produk krim yang dioleskan di sekitar mata, dapat membuat pigmen maskara berpindah ke kulit, bahkan setelah maskara kering," kata Nikki Wolff, direktur kreatif global seni untuk KVD Beauty. 

Menurut Nikki, meski kamu bukan pemilik kulit berminyak pun, keringat dan panas tetap dapat menyebabkan maskara luntur.

Penata rias Luis Casco menyarankan agar yang pakai krim mata sebelumnya untuk memilih krim yang formulanya ringan, bebas minyak, dan cepat menyerap.

Jangan Lupa Primer

Penata rias selebriti Keita Moore mengungkap apa pun jenis kulitmu, primer tidak boleh dilewatkan. Moore mengatakan bahwa priming mata dan bawah mata adalah kunci untuk mencegah maskara luntur, karena ini akan mencegah minyak merembes ke dalam maskara dan mempengaruhi formula.

Ketiga makeup artist itu juga setuju untuk men-setting area bawah mata dengan sedikit bedak untuk mencegah minyak mengalir ke area tersebut. 

Cara Pakai Maskara Biar Anti Smudge

Supaya maskara nggak gampang luntur, Casco menyebut bulu mata harus bersih lebih dulu.

"Jika bulu mata memiliki sisa maskara, mereka akan cenderung luntur dan fall out setelah di aplikasikan lebih banyak," jelasnya. 

Ketika kamu yakin bulu mata kamu bebas sisa maskara kemarin, ambil maskara lalu aplikasikan seperti biasa. Lalu supaya terhindar dari smudge, Moore menyarankan untuk menggunakan clear brow gel setelah mengaplikasikan maskara supaya formula terkunci dan tidak geser. 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait