menu
user
URtainment

Marcell Siahaan Cerita Perjalanan Menjadi Mualaf

Griska Laras,
14 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Marcell Siahaan Cerita Perjalanan Menjadi Mualaf
Image: Marcell Siahaan/[email protected]

Jakarta - Marcell Siahaan bercerita tentang perjalanan spiritualnya yang panjang hingga menjadi mualaf. 

Di kanal YouTube Daniel Mananta Network, Marcell Siahaan mengungkap proses panjang menjadi seorang muslim. Seperti diketahui, pelantun 'Firasat' ini terlahir sebagai seorang Katolik. Dia pernah mengikuti agama Budha setelah menikah dengan Dewi Lestari.

Gue mempelajari Islam sambil gue juga mencari. Gue tuh suka dengan sesuatu yang, 'ini kenapa begini?', 'Why si ini kok suka banget atau benci sama ini?'. Why? Karena gue tidak mau jadi orang yang takut akan sesuatu yang gue nggak ngerti, "kata Marcell dalam video yang diunggah Kamis (1/4/2021).

1617425921-Marcell-Siahaan.jpgSumber: Marcell Siahaan/bengurion.works via [email protected]

Marcell mengisahkan dirinya sudah mengenal banyak agama sejak kecil. Besar di lingkungan multikultural, Marcell kecil sering melihat ritual agama yang berbeda yang dilakukan anggota keluarganya, seperti saat teduh hingga salat.

Suami Rima Melati Adams ini bahkan suka menonton acara rohani dari berbagai agama sewaktu kecil.

"Jadi dulu waktu gue masih kecil, waktu jaman gue masih agnostik, ada acara mimbar agama Islam, mimbar agama Budha, mimbar agama Katolik di TVRI. Gue dulu suka banget nontonin acara itu. Musabaqah Tilawatil Quran is one of my favorite, jadi itu kayak lo ngaji dengan cantiknya dengan indahnya, "cerita Marcell.

"Nah pada saat yang sama gue juga suka nontonin mimbar agama Budha yang mana salah satu pembicaranya Bhante Pannya adalah guru gue, bahkan yang menasbihkan gue sebagai budhist itu dia."

1617425921-Marcell-Siahaan.jpgSumber: Marcell Siahaan/bengurion.works via [email protected]

Sempat agnostik dan dua kali pindah agama, Daniel pun bertanya alasan Marcell memilih menjadi mualaf .

"Gue nyaman, gue seneng, gue yakin bahwa segala sesuatu harus ada titiknya. Gue bisa jadi jadi bisa jadi tidak banyak begitu berada di sini. Menjadikan diri gue berguna bagi banyak orang," jelasnya.

Lebih jauh, Daniel menanyakan kembali arti 'banyak' yang dimaksud ayah tiga anak itu.

"Berbuat banyak hal yang menjadikan diri Anda sesuatu yang berguna bagi banyak orang. Jadi bukan hanya melihat ini sebagai sumber spiritual internal gue, tapi juga sumber spiritual eksternal. Menciptakan struktur untuk anak gue, menciptakan struktur untuk istri gue, sebagai kepala keluarga, sebagai imam , "papar penyanyi berdarah campuran Ambon-Batak-Jawa ini.

Marcell juga ajaran ajaran yang sekarang ini dia jalani membantunya menjadi pribadi yang lebih ikhlas dan membuatnya lebih komplit sebagai manusia.

"Menurut gue ajaran yang sekarang gue jalanin ini, apapun itu adalah yang membuat gue lebih ikhlas dalam segala hal. Keikhlasan itu menjadi sesuatu yang gue cari, itu susah loh. Kalo nggak ikhlas lo nggak bisa ngelayanin orang, nggak bisa bantu orang. Dan bikin gue merasa lebih komplet sebagai manusia.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait