menu
user
URnews

Ma'ruf Amin Minta Pemprov Jatim Segera Rampungkan KIH di Sidoarjo

Nivita Saldyni,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ma'ruf Amin Minta Pemprov Jatim Segera Rampungkan KIH di Sidoarjo
Image: Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. (Instagram @kyai_marufamin)

Sidoarjo - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) segera merampungkan pembangunan Kawasan Industri Halal (KIH) di Kabupaten Sidoarjo.

Hal ini disampaikan Ma'ruf Amin saat membuka webinar dengan tema 'Menyongsong Era Industri Halal Jawa Timur: Peluang dan Tantangan' pada Rabu (3/3/2021).

"Saya sangat berbahagia bahwa salah satu kawasan industri halal yang telah ditetapkan oleh Kementerian Perindustrian berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur," kata Ma'ruf, Rabu (3/3/2021).

Namun kini tantangannya, adalah bagaimana KIH di Sidoarjo ini bisa segera diisi oleh produsen-produsen produk halal. Apalagi menurutnya saat ini Jawa Timur memiliki daya saing industri yang memadai. Mulai dari sumber daya manusia yang baik, sumber daya alam yang melimpah, serta infrastruktur transportasi yang mendukung. 

"Saya mengharapkan Pemerintah Daerah Jawa Timur dapat segera mendorong agar semua fasilitas yang dibutuhkan di dalam suatu kawasan industri halal dapat segera terpenuhi," imbuhnya.
 
Nah fasilitas pendukung yang dimaksud Ma'ruf ini di antaranya adalah lembaga pemeriksa halal, laboratorium halal, instalasi pengolahan air baku halal, hingga layanan keuangan syariah. Sambil menyiapkan itu semua, ia meminta agar Pemprov Jatim tak bosan-bosannya mempromosikan KIH Sidoarjo.

"Selain itu, saya harapkan agar Pemerintah Daerah Jawa Timur aktif dalam mempromosikan kawasan industri halal di Sidoarjo dan memberikan berbagai kemudahan agar para investor dapat segera beroperasi di kawasan ini," harapnya.

Setelah itu barulah, menurut Ma'ruf, tantangan selanjutnya adalah membangun sistem informasi yang terintegrasi untuk mencatat data produksi dan nilai perdagangan produk halal yang diproduksi dan diperdagangkan melalui KIH itu sendiri guys. 

Nah, KIH Sidoarjo atau SAFE and LOCK Halal Industrial Park (HIP) ini sendiri masih dalam tahap awal pembangunan. KIH Sidoarjo nantinya akan menempati lahan seluas 148 hektare dari total luas 410 hektare kawasan industri.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait