beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Masih Sering Mimpiin Mantan? Bisa Jadi 5 Hal Ini Sebabnya

Alfian Muntahanatul Ulya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Masih Sering Mimpiin Mantan? Bisa Jadi 5 Hal Ini Sebabnya
Image: Ilustrasi. (Freepik)

Jakarta - Putus dan membatasi komunikasi dengan mantan bukan akhir dari segalanya. Pasalnya, kita bisa saja teringat atau bahkan sosok mantan hadir dalam mimpi. 

Pasti rasanya tidak nyaman ketika terbangun dengan keadaan harus mengingat kenangan-kenangan bersama mantan. Akan muncul pertanyaan, sebenarnya sudah move on belum sih? Kalau sudah, mengapa si dia masih muncul dalam mimpi?

Daripada bertanya-tanya apa yang sebenarnya sedang terjadi, yuk langsung saja simak beberapa penyebab mengapa kamu masih memimpikan mantan di bawah ini!

1. Kesepian

Masih sering memimpikan mantan bukan berarti kamu ingin kembali menjalin hubungan romantis lagi dengan dia. Bisa saja kamu hanya memikirkan mantanmu kembali saat kamu merasa kesepian dan tidak ada teman untuk ngobrol.

Menurut seorang psikoterapis, Jennifer Freed, ketika kamu merasa kesepian kemudian dengan tidak sengaja memikirkan atau memimpikan mantan, itu adalah hal yang normal dan wajar. 

Setiap orang selalu merindukan sebuah hubungan dengan seseorang dan akan teringat kembali saat kamu merasa membutuhkannya.

2. Mantanmu Abusive

Jika mantanmu dulu sering abusive saat masih berpacaran, kamu mungkin saja mengalami trauma berminggu bahkan berbulan-bulan setelah putus. 

Menurut seorang peneliti mimpi dari Harvard University, Deirdre Barrett, mimpi buruk pasca trauma seringkali terjadi pada orang-orang yang pernah mengalami segala jenis trauma.

Mimpi buruk ini adalah gejala umum dari gangguan stres pasca trauma. Sehingga memimpikan mantanmu yang abusive sangat mungkin terjadi karena respons alami dari trauma yang masih menghantui dirimu.

3. Belum Move On

Jika kamu terus mimpi yang sama tentang kenangan-kenangan indah dengan mantan, mungkin itu tanda bahwa kamu belum sepenuhnya melupakan mantan, atau dengan kata lain kamu belum move on.

Tapi orang yang sudah move on bukan berarti terhindar dari potensi mimpiin mantan. Menurut Barret orang yang sudah move on tetap mungkin memimpikan mantan, hanya saja temanya beragam.

4. Tidak Puas dengan Hubungan Baru

Alasan selanjutnya mengapa masih sering mimpiin mantan adalah kemungkinan kamu merasa tidak puas dengan hubunganmu yang baru. Kamu masih berekspektasi pacar baru bisa memberikan treatment seperti mantanmu dulu. 

Menurut Barret, hal inilah yang terkadang membuat seseorang mempertimbangkan untuk balikan dengan mantan. Karena secara tidak sadar kamu terus membandingkan hubunganmu sekarang dengan sebelumnya. Misalnya, pacarmu saat ini tidak bisa diajak berkomunikasi dengan baik, atau jarang menunjukkan kasih sayangnya seperti yang dilakukan mantanmu dulu.

5. Masalahnya adalah Kamu Sendiri

Bermimpi tentang mantan bisa jadi tanda kamu belum selesai dengan diri sendiri. Karena menurut Jennifer Freed, memimpikan mantan sebenarnya bisa mewakili bagian dari diri kamu sendiri yang memberikan kamu kesempatan untuk merenungkan konflik batin yang sedang kamu rasakan.

Kamu bisa melihat mimpi-mimpi itu sebagai salah satu cara untuk kembali belajar mencintai diri sendiri seutuhnya. Menuliskan mimpi-mimpi itu dalam notes akan membantumu memahaminya dengan baik.

Itulah beberapa alasan mengapa sampai saat ini kamu belum bisa berhenti memimpikan mantan meski kalian sudah tidak berhubungan. Jadi apakah kamu sudah move on?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait