beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Menjalani Hubungan Tanpa Kejelasan? Mungkin Kamu Terjebak Situationship

Alfian Muntahanatul Ulya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Menjalani Hubungan Tanpa Kejelasan? Mungkin Kamu Terjebak Situationship
Image: ilustrasi hubungan tanpa kejelasan (Foto: Pexels)

Jakarta - Apakah Urbanreaders pernah merasa seperti sedang menjalin hubungan padahal tidak ada ikatan atau status yang jelas? Jika iya, mungkin kamu tengah terjebak di dalam situationship. Situationship ini biasa dikenal di kalangan generasi muda dengan sebutan HTS atau hubungan tanpa status.

Menurut psikolog klinis dan profesor dari Universitas Yeshiva, Sabrina Romanoff, mengatakan situationship ini pada dasarnya hubungan tanpa komitmen apapun, kondisi ini memungkinan kedua pihak yang terlibat mendapatkan benefit seperti saat pacaran, tapi status mereka masih sama-sama lajang.

Tapi, tak dipungkiri juga sebenarnya situationship ini bisa menimbulkan kerugian bagi satu atau bahkan kedua belah pihak. Misalnya, ekspektasi tentang hubungan yang berlebihan. Satu pihak menginginkan kejelasan dan yang lain hanya ingin bersenang-senang saja, kondisi seperti ini sering terjadi di kalangan anak muda hingga menimbulkan masalah.

Jika kamu tengah mengalami hal ini, daripada membuang-buang waktu dan energi, ada baiknya kamu mulai mengenali tanda apa saja yang mengindikasikan kamu sedang terjebak dalam situationship. Yuk simak!

1. Nggak Ada Status

Saat kamu berada dalam situationship atau HTS, pasti pernah atau bahkan sering mempertanyakan sebenarnya apa hubunganmu dengan dia. Setelah kamu berpikir panjang, kalian melakukan banyak hal yang dilakukan oleh sepasang kekasih, namun kalian tidak ada status pacaran.

Bahkan untuk mengajukan pertanyaan ini ke dia, kamu mungkin merasa canggung dan tidak nyaman untuk memulainya. Ketika kamu sudah mulai mempertanyakan hal seperti ini, lebih baik berhenti membuang waktu dan energi untuk seseorang yang hanya ingin bermain-main saja.

2. Nggak Konsisten

Kurangnya konsistensi merupakan tanda utama bahwa kamu terjebak dalam hubungan tanpa status itu. Menurut Romanoff, hubungan seperti ini akan membuatmu kesulitan mengetahui apa yang diharapkan dari pasanganmu.

Sebagai contoh, kamu tidak tahu kapan akan bertemu dengan dia lagi, bisa saja pesanmu sering diabaikan dalam waktu yang kamu sendiri tidak tahu kapan ia akan membalasnya, hingga ketidakjelasan hubungan kalian mau dibawa ke arah mana.

3. Nggak Pernah Ngomongin Masa Depan

Pasangan yang menjalin hubungan komitmen dengan jelas pasti suatu waktu akan membicarakan bagaimana nasib hubungan mereka di masa depan. Berbeda dengan orang yang ada di hubungan tanpa status, bahkan mereka tidak pernah menyinggung soal masa depan hubungan.

Jika hal ini terjadi padamu, lebih baik kamu segera menyudahi hubungan yang tidak jelas itu. Selain membuatmu bingung atas perasaan si dia, kamu juga hanya akan membuang-buang tenaga dan waktu dengan orang yang salah.

4. Nggak Melibatkan Perasaan

Meski kamu dan dia sering menghabiskan waktu bersama hingga sudah akrab satu sama lain, tapi sangat ada kemungkinan salah satu atau kedua belah pihak tidak merasakan adanya kedekatan secara emosional yang terjalin secara mendalam.

Menurut Romanoff, saat kamu berada di situationship bisa terlihat pada topik apa saja yang menjadi bahan obrolanmu dan pasangan. Dia cenderung tidak pernah menanyakan hal-hal yang sifatnya pribadi karena tidak ada keinginan untuk mengenal lebih jauh satu sama lain secara emosional.

5. Nggak Ada Kelanjutan

Saat kamu dan pasangan menghabiskan waktu bersama, mungkin kalian akan fokus dengan satu sama lain. Tapi ketika berpisah dan kembali ke aktivitas masing-masing, kalian bisa saja melupakan satu sama lain.

Perhatian yang diberikan oleh partnermu saat kalian bertemu, mungkin saja tidak akan sama ketika kalian sedang tidak bersama. Bahkan dia tidak akan banyak inisiatif untuk memulai obrolan terlebih dulu denganmu dan membiarkanmu menghubungi dia terlebih dulu.

Dari beberapa tanda hubungan tanpa status atau situationship di atas, apakah kamu pernah merasakan salah satunya? 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait