Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Massa Reuni 212 Tetap Berkumpul dan Berselawat di Jakarta Pusat

Shelly Lisdya,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Massa Reuni 212 Tetap Berkumpul dan Berselawat di Jakarta Pusat
Image: Massa reuni 212 di sekitar Patung Kuda-Monumen Nasional (Monas). (Antara)

Jakarta - Petugas Polda Metro Jaya memasang barikade di sejumlah titik menuju kawasan Patung Kuda-Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, hal ini guna mengantisipasi kerumunan massa aksi Reuni 212.

Namun, massa reuni 212 berselawat di kawasan perbatasan barikade Jalan H. Agus Salim dan Jalan Kebon Sirih sejak pukul 06.00 WIB, Kamis (2/12/2021).

Alasan massa berkumpul di lokasi lantaran Jalan Merdeka Selatan dan sekitar kawasan bundaran Patung Kuda dan Monas disterilkan.

"Seperti yang dilihat, semangat umat untuk datang itu tidak bisa dibendung. Kami datang ke sini sebenarnya untuk silaturahmi saja," kata Wakil Korlap Reuni 212 Babe Aldo, dikutip Antara.

Lebih lanjut, Aldo mengaku jika massa hanya ingin bersilaturahmi sebagai kegiatan tahunan mereka. Kendati sejumlah jalan ditutup, massa tetap melakukan kegiatan tahunan yang disebut Bela Islam.

Sementara itu, massa yang menyebabkan kerumunan pun membuat aparat Polda Metro Jaya membubarkan puluhan massa. 

"Bapak ibu semua yang kami hormati, kami mohon bapak ibu sekalian tidak berkumpul di sini. Kembali ke rumah masing-masing, monggo. Sekali lagi bapak-bapak, ibu-ibu, untuk tidak berkumpul. Oke foto-foto dulu," kata Direktur Binmas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Badya.

Dari pantauan Antara, massa pun sempat berdebat dengan anggota kepolisian yang membantu memecah kerumunan itu.

"Kemarin demo buruh boleh, Pak. Itu kan juga kerumunan. Kita cuma reuni aja, silaturahmi," kata Halimah, salah satu massa Reuni 212.

Kendati sempat berdebat dengan aparat kepolisian, massa Reuni 212 tetap membubarkan diri dan melakukan jalan bersama (long march) ke arah Tugu Tani. Selama 'long march', massa juga turut mengajak warga untuk ikut bergabung dan meramaikan aksi Reuni 212.

Di lokasi, sejumlah massa reuni 212 tampak duduk bersama sambil melantunkan selawat dengan mengenakan baju bernuansa putih. Tampak pula, mass juga terlihat saling membagikan sarapan di depan kawasan barikade kawat berduri Jalan H. Agus Salim.

Sementara arus lalu lintas di Jalan Kebon Sirih padat merayap karena massa berjalan di bahu jalan. Bahkan sejumlah kendaraan motor juga berhenti guna menonton aksi Reuni 212.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait