beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Mau Bebas Ketombe? Tiga Cara Ini Bisa Dicoba!

Izzah Putri Jurianto,
27 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mau Bebas Ketombe? Tiga Cara Ini Bisa Dicoba!
Image: Freepik

Jakarta - Ketombe yang membandel di rambut membuat kepala jadi terasa tidak nyaman. Rasa gatal yang disebabkan oleh ketombe membuat kita jadi risih, bahkan juga mengganggu penampilan. Hari yang tadinya menyenangkan jadi sedikit menyebalkan karena masalah ketombe ini.

Oleh karena itu, banyak orang ingin tahu dan mencari-cari cara agar ketombe di rambut bisa dibasmi sepenuhnya. Urbanasia punya 3 cara yang bisa kamu coba, tentunya mudah, praktis, dan juga tidak menghabiskan budget. Simak penjelasannya di bawah ini ya.

1. Beralih ke Shampo Anti Ketombe

Tentu saja, ketika membeli produk perawatan badan maupun kulit, kita harus menyesuaikannya dengan kebutuhan kita. Jika rambut berketombe, maka sudah sewajarnya bagi kita untuk memilih shampo yang berfungsi sebagai anti ketombe, alih-alih anti rontok.

Untuk shampo anti ketombe sendiri, ada beberapa bahan yang perlu kita cari. Bahan-bahan tersebut antara lain adalah ketoconazole, asam salisilat, selenium sulfida, dan zinc pyrithione yang dapat menyembuhkan rambut dari gangguan ketombe.

2. Meminimalisir Penggunaan Produk Styling Rambut

Beberapa produk styling rambut, mulai dari hair spray, pomade, dan hair gel dapat berpotensi membuat kotoran rambut menumpuk. Kotoran yang mengendap di kulit kepala pada akhirnya mengundang bakteri dan jerawat. 

Makanya, penting bagi kita untuk mulai mengurangi penggunaan produk-produk sejenis. Jika memang sedang tidak menghadiri acara yang terlalu resmi, kamu bisa mengatur gaya rambut senatural mungkin sehingga tidak memerlukan penggunaan produk yang disebutkan tadi.

3. Konsultasi ke Dokter

Nah, jika kedua cara sebelumnya sudah dicoba namun belum membuahkan hasil yang diinginkan, maka cara terakhir mungkin dengan berkonsultasi ke dokter. Hal ini dilakukan agar kamu dapat menemukan solusi yang tepat dan akurat.

Selain itu, dokter pasti akan membantu kamu untuk mengetahui akar masalah dari ketombe di rambut yang tidak kunjung sembuh. Selanjutnya, kamu juga akan mendapatkan bantuan terkait cara-cara merawat rambut agar ketombe dapat dibasmi.

Meski terlihat sederhana, permasalahan ketombe ini kadang sering membuat kesal karena cukup tricky untuk disembuhkan. Beberapa orang bahkan mungkin pernah tidak ketombean, lalu kemudian mengalaminya lagi selang beberapa waktu. Jadi, kamu juga harus sabar dan telaten dalam merawat kesehatan rambut. Good luck, Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait