beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Mau Jajal Hobi Menjahit? Pastikan Punya 8 Alat Ini

Annisa Tiara Jelita,
23 November 2022 17.03.36 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mau Jajal Hobi Menjahit? Pastikan Punya 8 Alat Ini
Image: Ilustrasi menjahit. (Freepik/pressfoto)

Jakarta - Menjahit adalah keterampilan dan hobi yang bisa memberikan banyak manfaat. Selain bisa melatih kemampuan, dengan menjahit, kamu dapat memiliki usaha sendiri seperti membuka toko pakaian.

Prosesnya yang lama haruslah diiringi dengan kesabaran yang besar. Oleh karena itu, kebanyakan penjait memiliki tingkat kesabaran yang lebih tinggi dari orang biasa. 

Sebagai penjahit pemula, tentunya harus memiliki berbagai macam peralatan dan aksesori yang dibutuhkan. Tapi, sebelum membeli peralatan jahit, alangkah lebih baik jika kamu membuat daftar rincian agar tidak ada peralatan yang terlewat.

Berikut merupakan beberapa peralatan yang harus kamu miliki sebelum mulai menjahit.

1. Mesin Jahit

1669110978-mesin-jabit.pngSumber: Ilustrasi mesin jahit. (PIXABAY/fotoblend)

Gunakan mesin jahit dengan ukuran sesuai produk yang mau kamu jahit. Jika tidak ingin menjahit menggunakan mensin jahit, dapat diganti dengan jarum yang besarnya juga disesuaikan.

2. Kain

1669111074-kain.pngSumber: Ilustrasi kain. (PIXABAY/aitoff)

Beli lah kain yang dibutuhkan. Jangan membeli terlalu sedikit namun juga terlalu banyak. Beli lah sedikit lebih banyak kain, agar ketika terjadi kesalahan dalam menjahit, kita masih memiliki cadangan kain.

3. Benang

1669111140-benang.pngSumber: Ilustrasi benang jahit. (PIXABAY/monicore)

Pilih jenis benang yang tepat sesuai dengan kain yang kamu pakai. Jika bisa, samakan warna benang tersebut dengan warna kain agar warnanya saling menyatu dan jejak jahitan tersamarkan.

4. Gunting Jahit

1669111229-gunting-jahit.pngSumber: Ilustrasi gunting jahit. (PIXABAY/947051)

Gunting digunakan untuk menggunting kain dan benang ketika sedang manjahit. Gunakan lah gunting khusus agar tidak merusak kain.

5. Meteran Jahit

1669111311-meteran-jahit.pngSumber: Meteran jahit. (PIXABAY/ThomasWolter)

Dengan menggunakan meteran, kalian dapat mengukur tinggi badan seseorang yang ingin dibuatkan pakaian, lebar kain, lebar sarung, dan lain sebagainya. 

6. Pola

Sebelum menjahit, hendaknya kita menentukan terlebih dahulu pola dan bentuk seperti apa yang akan kita jahit. Ketika ingin membuat baju, maka buatlah pola baju seperti yang diinginkan. Pola biasanya berbentuk garis-garis gambar.

7. Hiasan

Hiasan digunakan sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin menambahkan kesan ramai, hiasan dapat digunakan sebanyak-banyaknya pada sesuatu yang telah atau akan dijahit tersebut.

8. Kotak Jahit

Taruh peralatan-peralatan kecil ke dalam kotak jahit, agar mereka menetap di satu tempat dan tidak tercecer. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait