beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Nggak Banyak yang Tahu, Menjahit Ternyata Punya Manfaat bagi Kesehatan

Priscilla Waworuntu,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Nggak Banyak yang Tahu, Menjahit Ternyata Punya Manfaat bagi Kesehatan
Image: Freepik/Senivpetro

Jakarta - Buat beberapa orang kegiatan menjahit menjadi sesuatu kegiatan yang ngebosenin, bahkan ada juga yang berpendapat menjahit itu cuma kegiatan untuk mengisi waktu luang dan bisa buat kita mengantuk. Namun, kamu tahu nggak? kalau kegiatan menjahit itu sebenarnya banyak manfaatnya loh Urbanreaders!

Kegiatan menjahit ini sebenernya udah ada dari zaman dulu, malah biasanya para ibu atau wanita bisa menjahit walau hanya menjahit biasa, seperti menambal pakaian yang bolong. Namun, kalau kita perhatikan sekarang, kegiatan menjahit ini sudah jarang dilakukan. Maka dari itu buat kamu yang penasaran apa manfaatnya, berikut adalah manfaat kegiatan menjahit bagi kesehatan: 

1. Sarana relaksasi

Menjahit ini sebenarnya bisa membuat seseorang fokus dalam satu kegiatan saja, dengan begitu pikiran seseorang juga tidak akan memikirkan hal yang lain, atau bisa dibilang otak kita tidak akan melakukan multitasking dan membuat jiwa kita bisa terbebas sesaat. 

Dikarenakan hanya fokus dalam satu hal, secara tidak langsung kita juga mengaplikasikan aktivitas meditasi walau hanya sedikit. Bahkan, kegiatan menjahit ini juga bisa memulihkan jiwa-jiwa orang yang sedang mengalami depresi, loh. 

2. Meningkatkan daya tahan tubuh 

Kamu pasti tahu dong kalau stres itu akan memicu penurunan daya tahan tubuh. Nah, seperti yang sudah dijelaskan tadi, menjahit ini bisa membantu kamu untuk rileks dan mencegah depresi serta stres. Dengan begitu daya tahan tubuhmu juga akan meningkat. Selain itu, dengan kondisi tubuhmu yang rileks dan nggak banyak pikiran, tubuh kamu bisa menangkal kuman-kuman berbahaya yang bisa memicu timbulnya penyakit. 

3. Mengasah imajinasi serta kreativitas 

Selain membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks, manfaat berikutnya dari menjahit adalah bisa mengasah imajinasi dan kreativitas kamu nih. Karena, ketika sebelum menjahit pastinya kamu akan membuat pola dahulu, memilih benang dan kain apa yang akan digunakan. Tentu ini bukanlah pekerjaan yang gampang. Jika salah memilih perpaduan bahan dan warna, bisa saja hasil yang didapat kurang memuaskan. 

Selain itu, dalam menjahit pun tidak banyak orang yang bisa menyelesaikannya hingga akhir. Dibutuhkan komitmen dan ketekunan untuk melakukannya hingga menjadi sebuah produk, seperti sapu tangan, sarung bantal, atau yang lainnya. 

4. Mengurangi resiko demensia 

Selain bermanfaat untuk kesehatan mental dan melatih kreativitas, menjahit juga dapat mengurangi risiko demensia. Seseorang yang sering menjahit, biasanya akan teringat dengan produk yang pernah ia buat. Seperti contohnya, ia pernah membuat sebuah sapu tangan dan ia memberikannya pada anaknya. Secara tidak langsung, ketika melihat barang-barang yang pernah ia buat, mengingatkan dia pada memori-memori lama. Juga, membuat otak kita tidak malas dan terus bekerja. 

5. Sumber kebahagiaan

Terakhir, seperti sebelumnya sudah dijelaskan bahwa menjahit bisa membuat diri kita bebas dari depresi dan stres, ternyata menjahit juga bisa membuat kita lebih bahagia. Hal ini dikarenakan pikiran kita yang selalu fokus dalam suatu hal, dapat memunculkan rasa puas tersendiri ketika kita menyelesaikannya. Selain itu, dengan menjahit juga bisa mengurangi emosi negatif, loh. 

Nah dari beberapa manfaat tadi, buat kamu yang tertarik dengan manfaatnya, bisa langsung dipraktekkan ya, Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait