Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Megawati Ingin Setiap Daerah di Indonesia Dibangun Patung Soekarno

Shelly Lisdya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Megawati Ingin Setiap Daerah di Indonesia Dibangun Patung Soekarno
Image: Patung Bung Karno. (GBK)

Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri menginginkan patung Presiden Pertama Republik Indonesia (RI), Soekarno bisa dibangun di seluruh daerah Indonesia.

Hal tersebut, dikatakan mantan presiden RI ke-5 itu, guna mengingatkan generasi muda terhadap tokoh proklamator bangsa yang telah memerdekakan Indonesia.

"Apabila memungkinkan, tentunya tidak perlu terburu-buru, karena kita sifatnya gotong royong, bikin lah di setiap daerah patung Bung Karno," ujar Megawati dalam acara 'Peresmian dan Penandatangan Prasasti Taman UMKM Bung Karno' secara virtual, Kamis, 28 Oktober 2021.

Megawati mengatakan, patung Bung Karno merupakan simbol atau sarana guna mengenang sosok beliau dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Apabila memungkinkan, dikatakannya, semua pahlawan bangsa yang telah gugur harus diapresiasi dan diwujudkan dalam bentuk fisik.

Sebab, Megawati menilai, generasi muda akan kesulitan untuk mengetahui sosok pahlawan-pahlawan pada masa lalu.

"Mau tidak mau, suka tidak suka, beliau adalah proklamator kita, Bapak Bangsa yang diberi gelar pahlawan nasional. Sehingga hal itu harus diingatkan ke generasi muda," ujarnya.

Kendati bersifat simbolis, menurut Megawati, patung pahlawan mempresentasikan sifat seseorang dan bukan dari tujuan lainnya.

“Ada yang mengatakan, itu kan kalau dari islam garis keras mengatakan itu tidak boleh, takut itu didewakan dan disembah. Tidak ada niat seperti itu, hanya sebuah pengenalan dari suatu sosok pahlawan-pahlawan,” pungkasnya.

Sejak didirikan patung Bung Karno pada 1980 hingga 2021, tercatat sudah ada 33 patung Proklamator yang berdiri di Indonesia.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait