menu
user
URtrending

Memberi Maaf pada Orang yang Tak Pernah Meminta, Ustaz: Ciri Ahli Surga!

Nunung Nasikhah,
11 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Memberi Maaf pada Orang yang Tak Pernah Meminta, Ustaz: Ciri Ahli Surga!
Image: Ilustrasi memaafkan. Sumber: Irish Times

Jakarta – Meminta maaf setelah disakiti memang tak selamanya mudah. Terlebih mereka yang melakukan kesalahan tak pernah meminta maaf kepada kita. Lalu, bagaimana caranya memberi maaf kepada orang yang tidak pernah meminta maaf?

Ustaz Syafi’i Al Azami, S.Q. dalam sesi #URamadan episode ketujuh menjawab pertanyaan ini. Menurutnya, salah satu cara untuk memaafkan adalah dengan berlapang jiwa atas apa yang dilakukan oleh orang kepada kita.

“Kita ridho dengan kesalahan orang yang dilakukan kepada kita dengan kita mengatakan kepada diri kita bahwa kita telah memaafkan apa yang dilakukan oleh orang lain ini adalah salah satu cara kita memaafkan orang lain,” ungkapnya.

“Bukankah memberi sebelum diminta itu adalah perkara yang mulia?” tegasnya.

Ustaz Syafi’i juga menambahkan, mudah memaafkan merupakan salah satu sifat Rasulullah Muhammad SAW yang patut ditiru.

“Karena akhlak Indah beliau akhlak terpuji beliau, musuh-musuh beliau yang tadinya benci dengan beliau sehingga berbalik menjadi cinta kepada beliau. Yang mana Ini adalah akhlak yang harus kita tiru yaitu memberi maaf sebelum diminta,” katanya.

Selain meneladani Rasulullah Muhammad SAW, kata Ustaz Syafi’i, sifat mudah memaafkan merupakan sesuatu yang dianjurkan dalam agama Islam.

Anjuran tersebut tertuang dalam hadis riwayat Thabrani yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya, “Tidaklah Allah SWT menambahkan kepada seseorang yang memberi maaf kecuali kebaikan.”

“Di Alquran juga Allah menegaskan salah satu ciri-ciri dari pada ahli surga adalah wal ‘aafiina ‘aninnas yaitu mereka yang memaafkan orang lain,” tanda Ustaz Syafi’i.

Maka dari itu, ia mengajak kita semua untuk mencontoh akhlak dari Rasulullah SAW yang dengan mudah memberi maaf sebelum diminta.

“Dengan itu mudah-mudahan kita termasuk daripada ciri-ciri orang yang menjadi ahli surga amin ya robbal alamin,” pungkasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait