Hot News

Dalam kunjungan kerja ke Sumatera Utara, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, menjelaskan bahwa ada 3 skenario yang dilakukan jika pandemi COVID-19 masih terus berlanjut hingga 2021. 

"Ada tiga skenario jika pandemi ini berlanjut sampai tahun 2021," katanya.

Pada acara yang berlangsung di Grand Aston City Hall Medan pada Kamis malam, 2 Juli 2020, Tito menyampaikan ketiga skenario tersebut adalah menemukan vaksin, ditemukannya golden medication atau obat yang ampuh dan herd immunity

Skenario pertama yakni menunggu adanya penemuan vaksin, bila vaksin sudah ditemukan Tito menjelaskan bahwa vaksin akan diproduksi dan didistribusikan secara massal untuk memvaksin dua pertiga dari populasi. 

1593752865-Kunjungan-Kerja-Menkopolhukam-dan-Mendagri-di-Sumut.jpgSumber: ""

"Kemudian belum lagi harus distribusi ke daerah-daerah, setelah itu dilakukan vaksinasinya sendiri. Artinya memerlukan waktu yang tidak singkat. bahkan ada yang memperkirakan kalau ditemukan di pertengahan di 2021, 2022 baru mungkin tuntas vaksinasinya," ujarnya.

Skenario kedua yaitu dengan ditemukannya golden medication atau obat mujarab yang bisa menyembuhkan virus COVID-19. 

Untuk herd imunity, Tito berharap agar skenario ini tidak terjadi. 

"Skenario ketiga ini biarkan tertular. Yang kuat kekebalan tubuhnya survive, yang tidak kuat akan sakit atau mungkin wafat. Ini tentu skenario yang tidak kita harapkan," ujarnya.
 


Loading ..