Dear, apa kamu sering merasa malu untuk berbicara di antara orang banyak? Berita baik! Sifat pemalu ternyata bisa diatasi. Simak beberapa cara berikut untuk mengatasi sifat pemalu.

1. Buat daftar kekhawatiran

1599802939-blur-businesswoman-caucasian-941555-1160x773.jpgSumber: Ilustrasi khawatir. Sumber: Bruce Mars/Pexels

Kira-kira apa saja sih yang membuatmu merasa gugup dan khawatir? Tulis hal-hal tersebut kemudian pikirkan cara-cara untuk menghilangkan rasa gugup tersebut.

2. Kenali kelebihanmu

Memiliki sifat pemalu bukan berarti kamu tidak memiliki kelebihan yang lain. Pikirkan kelebihanmu atau tanyakan pada teman-temanmu. Jadikan kelebihanmu sebagai pengingat bahwa kamu harus percaya diri.

3. Jangan melabeli dirimu sebagai pemalu

Cobalah untuk berhenti melabeli dirimu sebagai seorang yang pemalu. Sebaiknya, buat mindset tentang dirimu dengan keunikan lain yang kamu miliki.

4. Berhati-hati dalam memilih hubungan pertemanan

1599802952-thought-catalog-657020-unsplash-1160x774.jpgSumber: Ilustrasi pertemanan. Sumber: Unsplash

Orang yang memiliki sifat pemalu cenderung memiliki teman yang tidak banyak. Habiskanlah waktumu dengan orang-orang yang tulus berteman denganmu dan mendorongmu untuk menghilangkan sifat pemalu.

5. Hindari orang yang suka mem-bully

Akan selalu ada orang yang berusaha untuk mengintimidasi sifat pemalu sebagai bahan untuk bercanda atau lelucon. Sebaiknya, jaga jarak dari orang-orang yang seperti itu. Jangan dengarkan omongan mereka yang berusaha menjatuhkan mentalmu.

6. It’s a bad moment, not a bad life

Ketika melakukan kesalahan, terutama di depan umum, orang dengan sifat pemalu akan terus-menerus memutar ingatan tersebut. Pernahkah kamu merasa sulit tidur akibat terbayang kejadian yang memalukan?

Catat bahwa sebenarnya orang-orang tidak terlalu memperdulikan kesalahan yang menurutmu besar dan membuatmu merasa sangat malu.

7. Berhenti berasumsi negatif

1599802946-francisco-moreno-255749-unsplash-1160x758.jpgSumber: Stop overthinking! Sumber: Francisco Moreno/Unsplash

Overthinking akan membuatmu sulit untuk mengatasi sifat pemalu yang kamu miliki. Terkadang, kamu terlalu sensitif sehingga berpikir bahwa seseorang tidak menyukaimu karena sifatmu yang pemalu. Itu hanya perasaanmu saja kok. Jadi, stop overthinking ya, Dear!

Jangan jadikan sifatmu yang pemalu menghalangi kamu meraih mimpi-mimpimu, ya! Kalau kamu merasa butuh bantuan untuk mengatasi sifat pemalu yang kamu miliki, kamu juga bisa berkonsultasi dengan psikolog.

Artikel ini ditulis oleh Lyana Nurtari Putri dan merupakan kerja sama Urbanasia dengan Riliv, aplikasi kesehatan mental yang terdiri dari meditasi online dan konseling psikologi online, dan telah membantu lebih dari 150.000 pengguna agar lebih sehat mental. 

Komentar
paper plane