menu
user
URstyle

Mengenal Ampoule, Serta Perbedaannya dengan Essence dan Serum

Itha Prabandhani,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Ampoule, Serta Perbedaannya dengan Essence dan Serum
Image: Ilustrasi Ampoule. (Foto: Freepik/atstock_production)

Jakarta - Urbanreaders suka bingung nggak sih dengan banyaknya nama dan jenis produk skincare yang beredar di pasaran? Salah satunya adalah ampoule. Produk ini mulai populer seiring menjamurnya produk kecantikan dan skincare dari Korea.

Ampoule adalah salah satu rangkaian perawatan kulit wajah 8 atau 12 langkah, di samping toner, serum, essence, emulsion, maupun krim wajah. Dengan mengetahui perbedaan dari masing-masing produk skincare, kamu bisa menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan masalah kulit wajah kamu.

Nah, kali ini Urbanasia akan membahas mengenai ampoule dan perbedaannya dengan essence dan serum. Ketiga jenis produk skincare ini sering membingungkan karena kemiripan bentuk dan fungsinya.

Biar kamu nggak bingung dan nggak salah pilih produk, yuk kenali semua jenis skincare tersebut, termasuk fungsi dan manfaatnya. Check this out, guys!

Essence

1614394099-ampoule---freepik-jcomp.jpgSumber: Ilustrasi Ampoule. (Foto: Freepik/jcomp)

Pertama-tama, kita akan bahas dulu tentang essence ya, guys? Essence adalah rangkaian skincare yang mengandung bahan aktif tinggi. Essence memiliki tekstur yang lebih ringan dan encer, dan digunakan setelah kamu mengaplikasikan toner.

Penggunaan essence berfungsi untuk menyiapkan kulit menerima asupan nutrisi dari tahapan skin care selanjutnya dan membantu memaksimalkan proses regenerasi kulit. Karena teksturnya yang lebih cair dan ringan, kandungan zat aktif dalam essence pun biasanya lebih kecil ketimbang serum.

Serum

1614394132-ampoule---freepik.jpgSumber: Ilustrasi Ampoule. (Foto: Freepik)

Tahapan selanjutnya adalah serum. Serum perlu digunakan utamanya kalau kamu memiliki masalah khusus pada kulitmu, seperti jerawat, flek hitam, atau tanda penuaan. Serum kaya akan bahan aktif dan nutrisi, dan memiliki tekstur yang lebih pekat atau kental dibandingkan essence.

Serum juga memiliki molekul-molekul kecil yang bisa masuk ke dalam lapisan kulit, sehingga zat aktif yang dikandungnya bisa langsung mengatasi permasalahan kulit.

Terus, harus nggak sih pakai serum?

Nggak harus, guys. Kalau kamu nggak punya masalah kulit yang butuh penanganan langsung, kamu bisa menggunakan essence saja. Sebaliknya, jika ada masalah pada kulit wajahmu, kamu bisa memakai serum yang sesuai, misalnya serum vitamin C untuk jerawat, serum dengan kandungan niacinamide dan hyaluronic acid untuk mengatasi kulit kering, dan lain-lain.

Ampoule

1614394171-ampoule---freepik-chetverinka.jpgSumber: Ilustrasi Ampoule. (Foto: Freepik/chetverinka)

Nah, selanjutnya kita bahas tentang ampoule. Ampoule adalah sejenis serum dengan konsentrat bahan aktif yang lebih tinggi, dengan molekul yang lebih kecil, sehingga berguna memberikan perawatan yang lebih optimal.

Ampoule digunakan sesudah toner dan essence, dan dapat digunakan sebelum serum. Kuncinya, kamu perlu melihat tekstur dan aturan pemakaian yang tertera dalam produknya. Produk yang lebih encer dan ringan, dipakai terlebih dahulu, baru kemudian produk yang lebih pekat atau kental.

Kandungan zat aktif dalam ampoule lebih besar dibanding serum dan digunakan hanya dalam jangka waktu tertentu saja, misalnya 1-2 kali seminggu. Berbeda dengan serum yang bisa digunakan setiap hari.

Karena kekuatan skincarenya yang besar, maka ampoule cocok untuk digunakan oleh wanita yang sudah berumur. Ampoule juga digunakan untuk mengatasi masalah kulit tertentu. Jadi, kalau kamu tidak memiliki masalah kulit yang urgent, kamu bisa skip penggunaan ampoule dalam urutan perawatan.

Nah, semoga kamu nggak bingung lagi, guys!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait