beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Mengenal Batik Bomba yang Dikenakan Elon Musk di B20

Annisa Tiara Jelita,
15 November 2022 13.14.00 | Waktu baca 1 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Batik Bomba yang Dikenakan Elon Musk di B20
Image: Elon Musk menggunakan batik Bomba saat hadir secara virtual di B20. (YouTube/Beach Bali Channel)

Jakarta - CEO Tesla, Elon Musk menjadi perhatian pada acara B20 karena menggunakan kemeja batik yang terlihat pada layar virtual saat forum dialog antara Moderator dan Elon musk sedang berjalan, Senin (14/11/2022).

Diketahui, kemeja batik yang digunakan Elon Musk yaitu batik Bomba.

Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Anindya Bakrie, selaku moderator mengucapkan terima kasih kepada Elon Musk karena telah menggunakan batik tersebut.

Ia juga memberitahu bahwa batik tersebut berasal dari salah satu desa di Sulawesi Tengah, yang memiliki banyak cadangan nikel. Selain itu Ia mengatakan bahwa batik ini dikirimkan sekitar 15 ribu kilometer (Km) jauhnya dari Indonesia.

Melansir iwarebatik, Selasa (15/11/2022), batik Bomba sendiri memiliki berbagai macam motif yang melambangkan kebersamaan dan keterbukaan.

Batik bomba sebenarnya memperlihatkan keterbukaan masyarakat Palu kepada siapa saya yang datang dan mengunjunginya. Biasanya, batik ini muncul pada kegiatan keagamaan serta upacara tradisi. 

Orang Palu biasanya membuat benang yang ditenun menggunakan alat tradisional dan menjadikannya kain. Pewarna yang digunakan juga menggunakan pewarna alami yang berasal dari getah pohon. Diketahui, tradisi dari batik Palu ini berasal dari generasi ke generasi.

Dengan kebersamaan dan keterbukaan pada motif tersebut, diharapkan dapat menjadikan masyarakat selalu bersatu dan selalu percaya antar-sesama.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait