Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Mengenal dan Cara Mencegah Rug Pull yang Bikin Kripto Squid Game Anjlok

Shelly Lisdya,
26 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal dan Cara Mencegah Rug Pull yang Bikin Kripto Squid Game Anjlok
Image: Mata uang kripto Bitcoin dan Ethereum (Pixabay/vjkombajn)

Jakarta - Mata uang kripto Squid Game (SQUID) dilaporkan mengalami penipuan bermodus rug pull atau tarikan karpet. Namun, tahukah kalian apa itu rug pull?

Melansir dari berbagai sumber, di seluruh industri kripto dan keuangan arus utama, terutama di sekitar sektor DeFi, istilah 'rug pull' atau 'tarikan karpet' telah digunakan berulang kali untuk menggambarkan situasi yang sangat berbahaya yang terjadi dalam keuangan terdesentralisasi, dan di tempat lain dalam mata uang kripto yang dapat membuat investor mengalami kerugian ekstrem. 

Prevalensi masalah ini telah menjadi begitu luas, bahkan pemilik Dallas Mavericks dan miliarder investor Shark Tank Mark Cuban dilaporkan 'kasar' sebagai bagian dari masalah protokol DeFi. 

Kondisi dari rug pull di industri tiba-tiba meredam harga, dan membuat pasar mundur selama berbulan-bulan. Ini juga membuat investor khawatir terkait ke mana mereka harus menaruh modal.

Apa Itu Rugg Pull?

Rug pull adalah manuver jahat dalam industri cryptocurrency, yang mana pengembang kripto meninggalkan sebuah proyek dan melarikan diri dengan dana investor. 

Penarikan karpet biasanya terjadi di ekosistem keuangan terdesentralisasi (DeFi), terutama pada pertukaran terdesentralisasi (DEX), yang mana individu jahat membuat token dan mencantumkannya di DEX, lalu memasangkannya dengan cryptocurrency terkemuka seperti Ethereum. 

Setelah sejumlah besar investor yang tidak curiga menukar ETH mereka dengan token yang terdaftar, pencipta kemudian menarik semuanya dari kumpulan likuiditas, mendorong harga koin menjadi nol. 

Pembuat koin bahkan dapat membuat sensasi sementara di Telegram, Twitter, dan platform media sosial lainnya dan pada awalnya menyuntikkan sejumlah besar likuiditas ke dalam kumpulan mereka untuk menumbuhkan kepercayaan investor. 

Rug pull berkembang pesat di DEX karena jenis pertukaran ini memungkinkan pengguna untuk membuat daftar token secara gratis dan tanpa audit, tidak seperti pertukaran mata uang kripto terpusat.

Selanjutnya, membuat token pada protokol blockchain open source seperti Ethereum mudah dan gratis. Pelaku jahat menggunakan dua faktor ini untuk keuntungan mereka. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait