Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Modus dan Ciri-ciri Rug Pull yang Bikin Kripto Squid Game Anjlok

Shelly Lisdya,
17 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Modus dan Ciri-ciri Rug Pull yang Bikin Kripto Squid Game Anjlok
Image: Squid Game. (Netflix)

Jakarta - Kehadiran mata uang kripto Squid Game (SQUID) mengundang perhatian publik sejak muncul pada Oktober 2021 lalu.

Namun, uang digital yang terinspirasi oleh serial Netflix Korea Selatan Squid Game tersebut kini kehilangan hampir semua nilainya karena dinyatakan sebagai penipuan. 

Baru-baru ini, seperti yang dilaporkan BBC, mata uang berlogo cumi-cumi itu dikritik karena tidak mengizinkan orang untuk menjual kembali token mereka. Penipuan semacam ini biasa disebut 'rug pull' atau 'tarikan karpet' oleh investor kripto. 

Kasus ini terjadi ketika promotor token digital menarik pembeli, menghentikan aktivitas perdagangan dan menghasilkan uang dari penjualan. 

Squid, yang memasarkan dirinya sebagai 'cryptocurrency play-to-earn', telah melihat harganya melambung dalam beberapa hari terakhir bahkan melonjak ribuan persen. 

Cryptocurrency 'Play-to-earn' adalah tempat orang membeli token atau uang digital untuk digunakan dalam gim online dan dapat memperoleh lebih banyak token yang nantinya dapat ditukar dengan cryptocurrency lain atau mata uang nasional. 

Bahkan mata uang SQUID sempat menyentuh harga tertinggi 2.861 dollar AS (sekitar Rp 40,7 juta) per keping. Kehadiran kripto Squid Game ini pun membuat para trader berbondong-bondong menginvestasikan dana mereka.

Menurut situs data cryptocurrency CoinMarketCap, kini nilainya anjlok 99,99 persen. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait