beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Mengenal G20​: Sejarah, Negara Anggota, hingga Manfaat untuk Indonesia

Nivita Saldyni,
11 November 2022 12.56.21 | Waktu baca 4 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal G20​: Sejarah, Negara Anggota, hingga Manfaat untuk Indonesia
Image: Presiden Jokowi saat menghadiri KTT G20 di Italia pada tahun 2021 silam. (Dok. Setkab)

Jakarta - Urbanreaders pasti sudah tahu kalau Indonesia jadi tuan rumah dalam forum G20 pada tahun ini. Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Nusa Dua, Bali pada 15-16 November akan jadi perhelatan Presidensi G20 Indonesia.

Nah lewat artikel ini, Urbanasia mau mengajak kamu mengenal lebih dekat tentang forum G20. Penasaran? Yuk simak fakta-fakta terkait G20 dan Presidensi Indonesia berikut ini!

Apa itu G20?

Melansir laman Bank Indonesia, G20 adalah forum kerja sama multilateral yang dibentuk pada 1999 atas inisiasi anggota G7. G20 ini menjadi wadah bagi negara-negara maju dan berkembang untuk bersama-sama mengatasi krisis yang melanda dunia, khususnya di Asia, Rusia, dan Amerika Latin.

Awalnya merupakan G20 merupakan pertemuan antara Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral masing-masing anggotanya. Pertemuan. ini bertujuan untuk mewujudkan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif.

Namun sejak 2008, G20 dihadiri Kepala Negara dalam KTT. Kemudian sejak 2010, G20 juga mulai membahas isu-isu di sektor pembangunan.

Nah dalam perjalanannya, sampai saat ini ada tiga jenis pertemuan dalam G20. Pertama, ada kerja kelompok atau working groups yang diikuti para ahli dari negara G20 untuk membahas isu-isu spesifik terkait agenda G20 yang lebih luas.

Pembahasan tersebut kemudian akan dimasukkan dalam Pertemuan Tingkat Menteri dan Deputi atau ministerial and deputies meetings yang terbagi dalam Finance Ministers and Central Bank Governors Meetings (FMCBG) dan Finance and Central Bank Deputies Meetings (FCBD). Puncaknya, ada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) atau summit yang merupakan rapat para kepala negara/pemerintahan anggota G20.

Nah tahun ini Indonesia dipercaya sebagai Presidensi G20. Hal itu telah ditetapkan dalam KTT G20 yang berlangsung di Riyadh, Saudi Arabia pada 2020. Ini merupakan pertama kali Indonesia jadi tuan rumah sejak G20 dibentuk 23 tahun silam.

Negara Anggota G20

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait