Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Daftar Negara Anggota KTT G20 Lengkap dengan Sejarahnya

Elga Nurmutia,
28 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Daftar Negara Anggota KTT G20 Lengkap dengan Sejarahnya
Image: Presiden Joko Widodo menghadiri sesi KTT G20 di La Nuvola, Roma, Italia, Sabtu (30/10/2021). (ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/Laily Rachev/am.)

Jakarta - Negara anggota KTT G20 tergabung pada sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional. Anggota G20 atau biasa disebut Group of Twenty adalah gabungan negara yang didalamnya ada 9 negara dan 1 lembaga Uni Eropa. Siapakah Anggota KTT G20?

Berdasarkan yang diketahui, negara anggota KTT G20 ini memiliki letak yang strategis. Hal itu dikarenakan 19 negara memiliki representasi dari 85% atas perekonomian dunia, 80% mengenai investasi global, 75% dalam perdagangan internasional serta 60% dari populasi dunia.

Kali ini, Urbanasia akan membagikan informasi seputar daftar anggota KTT G20 lengkap dengan sejarahnya dari berbagai sumber, sebagai berikut.

Daftar Negara Anggota KTT G20

Adapun sejumlah negara yang termasuk sebagai anggota KTT G20, sebagai berikut.

1. Australia
2. Argentina
3. Brasil
4. Kanada
5. Cina
6. Uni Eropa
7. Jerman
8. Prancis
9. India
10. Indonesia
11. Italia
12. Jepang
13. Meksiko
14. Arab Saudi
15. Rusia
16. Afrika Selatan
17. Korea Selatan
18. Turki
19. Inggris
20. Amerika Serikat

Sejarah Tentang KTT G20

Mengapa G20 ini bisa terbentuk? Hal itu dikarenakan ada kekecewaan komunitas internasional. Dimana negara-negara yang kecewa akan kegagalan G7 dalam pencarian solusi dalam masalah perekonomian global.

Ketika itu, mereka menilai negara dengan penghasilan menengah harus memiliki pengaruh ekonomi dengan sistematis. Selain itu, ada tujuannya juga yaitu turut serta dalam perundingan dalam upaya mencari solusi mengenai masalahan ekonomi global.

Selanjutnya, pada tahun 1999, Menteri Keuangan G7 Amerika Serikat, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Prancis, membuat sebuah pertemuan bersama Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara anggota KTT G20. Pertemuan tersebut diisi dengan membahas tanggapan terhadap krisis keuangan yang terjadi di tahun 1997-1999.

Semenjak itulah, pertemuan tingkat Menteri Keuangan dilakukan dengan rutin saat musim gugur. Sejarah terbentuknya negara anggota KTT G20 juga tidak terlepas dari krisis keuangan yang terjadi di tahun 2008.

Pada saat tanggal 14-15 November 2008, Presiden Amerika Serikat George W Bush memberikan undangan bagi pemimpin negara-negara G20 dalam KTT G20. Pertemuan tersebut membuat pembahasan akan dampak krisis keuangan yang terjadi di Amerika Serikat. Dalam kesempatan tersebut, pemimpin negara G20 sepakat melakukan pertemuan lanjutan.

Nah, itu dia informasi yang dapat Urbanasia sampaikan. Semoga bermanfaat!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait