Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Mengenal Jerawat Batu dan Cara Mengatasinya

Anisa Kurniasih,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Jerawat Batu dan Cara Mengatasinya
Image: Ilustrasi wajah berjerawat. (Freepik/ user18526052)

Jakarta - Guys, memiliki jerawat di bagian wajah memang cukup dianggap mengganggu bagi sebagian orang. Nah, pernahkah kamu mengalami jerawat yang cukup terasa perih dan membengkak? Bisa jadi itu adalah jerawat kistik atau lebih dikenal dengan istilah jerawat batu.

Jerawat kistik umum dikenal sebagai cystic acne yang merupakan bentuk ekstrem jerawat yang ditandai dengan benjolan bengkak dan meradang berisi nanah. Sangat menyakitkan untuk ditangani dan tidak bisa ditangani layaknya pengobatan jerawat biasa.

Melansir Healthline, jerawat kistik merupakan jenis jerawat yang paling serius loh. Masalah kulit tersebut berkembang ketika kista terbentuk jauh di bawah kulit dan bisa terjadi akibat kombinasi bakteri, minyak, dan sel kulit kering yang terperangkap di pori-pori kulit.

Umumnya, jerawat kistik dialami oleh mereka yang memiliki kondisi kulit sangat berminyak. Penyebabnya sendiri bisa karena infeksi bakteri maupun pori-pori tersumbat. Selain itu, faktor stres juga turut memicu terjadi jerawat kistik.

Benjolan yang membandel dan menyakitkan tersebut tidak akan hilang dengan sendirinya. Jerawat kistik juga bisa terasa sangat menyakitkan loh Urbanreaders, dan jika tidak ditangani, penyakit ini bisa memburuk.

Jerawat sendiri disebabkan oleh dua alasan utama, yakni infestasi bakteri dan pori-pori tersumbat. Nah, jerawat kistik adalah kombinasi dari keduanya. Bentuk paling serius dari munculnya jerawat kistik ketika kotoran, minyak dan sel-sel kulit mati terjebak di pori-pori. 

Alasan lain timbulnya jerawat kistik meliputi perubahan hormonal, memencet jerawat, keringat berlebihan, stres, diet tidak sehat yang kaya gula tinggi dan makanan berminyak.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

1625198025-lawan-jerawat-dengan-vitamin---freepik-beststudio.jpgSumber: Ilustrasi jerawat (Freepik/beststudio)

Saat wajahmu muncul jerawat batu, jangan membersihkan wajah terlalu sering ya guys karena itu justru akan memperparah kondisi kulit wajah. Cukup gunakan sabun pembersih wajah yang lembut dan khusus untuk kulit berjerawat serta tidak mengandung scrub untuk membersihkan wajah dua kali sehari. 

Ingat, hindari kebiasaan memencet jerawat karena dapat mengakibatkan iritasi dan memperparah kondisi jerawat.  Selain itu, hindari pemakaian makeup yang tebal dan pilihlah makeup berbahan dasar air, nonkomedogenik dan bebas minyak. 

Pastikan juga kamu membersihkan wajah menggunakan double cleansing pagi dan malam setiap hari secara rutin agar wajah bersih dan bebas dari masalah kulit. 

 Jika kondisi jerawat batu pada kulit wajahmu semakin parah, sebaiknya periksa dan konsultasikan dengan dokter kulit untuk ditangani dengan tepat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait