Hot News
URnews

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Asuransi

Kintan Lestari,
10 Juli 2020
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Asuransi
Image: Ilustrasi asuransi. (Pixabay/geralt)

Jakarta - Bagi sebagian orang, asuransi dipandang sebagai sesuatu yang menyebalkan. Apalagi dengan ramainya cerita-cerita yang menyebut sulit untuk mengklaim uang asuransi.

Itu yang bikin orang tambah malas sama yang namanya asuransi. Padahal, asuransi berguna untuk situasi terdesak yang mungkin datang di masa depan. 

Namun, karena banyak yang belum paham, alhasil udah ilfeel duluan sama asuransi. Contohnya, kayak kasus klaim asuransi yang viral di media sosial belum lama ini.

Buat kamu yang pengen cari tahu soal asuransi, simak penjelasannya di bawah ini.

Dikutip dari situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi adalah perjanjian antara perusahaan asuransi dan pemegang polis yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan untuk:

a. ​Memberikan penggantian kepada tertanggung atau pemegang polis karena kerugian, kerusakan, biaya yang timbul, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin diderita tertanggung atau pemegang polis karena terjadinya suatu peristiwa yang tidak pasti; atau

b. Memberikan pembayaran yang didasarkan meninggal atau hidupnya tertanggung dengan manfaat yang besarnya telah ditetapkan dan/atau didasarkan pada hasil pengelolaan dana.

Asuransi sendiri ada banyak jenisnya, di antaranya asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi mobil, sampai asuransi pendidikan.

1594367441-asuransi2.jpgSumber: Ilustrasi asuransi. (Pixabay/kalhh)

Seperti hal-hal lain di dunia ini, asuransi juga punya kelebihan dan kekurangan. Apa saja?

Kelebihan

- Asuransi untuk Tabungan Masa Depan

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Itu sebabnya dengan ikut asuransi kamu ibarat sudah mempersiapkan diri menghadapi situasi buruk nantinya.

Asuransi bisa dijadikan dana cadangan di masa depan, baik untuk urusan kesehatan atau hal-hal yang berisiko.

- Membantu Mengatur Keuangan

Karena ada jumlah khusus yang perlu dibayarkan ke asuransi, hal ini bisa untuk menahan kamu mengeluarkan uang untuk membeli barang konsumtif dan tidak berguna.

Jadi asuransi sebenarnya membantu kamu lebih ketat mengontrol keuangan, dan berpikir apa yang perlu diprioritaskan, bukan yang diinginkan.

Kekurangan

- Dana Bisa Hangus Apabila Premi Tidak Dibayar

Setiap asuransi memiliki sistem dana hangus. Jadi kalau kamu berhenti membayar premi tiap bulannya, otomatis dana yang kamu bayarkan sebelum-sebelumnya hangus, dan kamu tidak bisa melakukan klaim.

- Sebagian Dana Premi Menjadi Keuntungan Perusahaan

Berkaitan dengan poin sebelumnya, pembayaran yang berhenti di tengah jalan membuat pembayaran yang sebelumnya kamu lakukan jadi hangus. 

Itu membuat kamu tidak bisa melakukan klaim. Alhasil, dana premi yang kamu pernah bayarkan sekarang menjadi milik perusahaan asuransi. 

Nah, itu dia penjelasan mengenai pengertian, kelebihan, dan kekurangan asuransi secara singkat, Urbanreaders.

 


Loading ..