Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

Mengenal Komponen Power Steering pada Mobil dan Fungsinya

Alwin Jalliyani,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Komponen Power Steering pada Mobil dan Fungsinya
Image: Ilustrasi mobil. (Pixabay/free-photos)

Jakarta - Sistem power steering bukan merupakan hal baru pagi para pemilik kendaraan roda empat. Komponen ini berperan untuk meringankan kemudi saat digunakan.

Namun, belum banyak pemilik mobil yang tahu komponen-komponen di dalamnya. Berikut merupakan komponen power steering beserta fungsinya yang dilansir Suzuki Indonesia.

1. Reservoir

1630909992-Ilustrasi-mobil.-(Pixabay-3844328.jpgSumber: Ilustrasi mobil. (Pixabay/3844328)

Komponen ini berfungsi menampung fluida atau minyak power steering. Minyak tersebut berperan dalam memberikan tekanan hidrolik.

Reservoir terbagi dalam dua model, yaitu dari bahan plastik dan dari besi. Bukan hanya bagian itu, jenis pompanya juga dibagi dua, yakni pompa terpisah atau menyatu.

2. Pompa Power Steering

1630563063-Ilustrasi-Mobil-free-photos-Pixabayy.jpgSumber: Ilustrasi Mobil. (Pixabay/free photos)

Setiap power steering hidrolik dilengkapi pompa yang berperan menghasilkan tekanan. Nantinya tekanan akan dialirkan ke arah piston sehingga kemudi menjadi lebih ringan. Komponen pompa akan digerakkan oleh mesin mobil.

3. Pipa dan Selang

1630563014-Ilustrasi-mobil-qimono.jpgSumber: Ilustrasi Mobil. (Pixabay/qimono)

Ketika minyak power steering ditekan, selanjutnya akan dialirkan ke bagian pompa dan selang, baik tekanan rendah maupun tinggi. Selang yang mengandung tekanan tinggi akan mengalir ke steering gear. Sedangkan selang bertekanan rendah akan mengarah ke bagian reservoir.

4. Steering Gearbox

1602657826-mobil-lecet-1.jpgSumber: Ilustrasi mobil beret (Freepik)

Komponen steering gearbox berfungsi mengubah putaran roda kemudi baik itu ke kiri atau kanan. Selain itu, bagian tersebut akan memberikan tenaga yang berasal dari power steering.

Hal ini yang membuat kemudi mobil menjadi lebih ringan. Kebanyakan mobil di Indonesia menggunakan tipe steering gearbox jenis pinion dan rack.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait