beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Mengenal Kostum Unik Tari Sajojo, Ada Penutup Kepala hingga Rok

Annisa Tiara Jelita,
18 November 2022 17.50.58 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Kostum Unik Tari Sajojo, Ada Penutup Kepala hingga Rok
Image: Tari Sajojo pada Welcoming dinner & Cultural Performance G20 Indonesia. (YouTube/Sekretariat Presiden)

Jakarta - Tarian asal Papua yaitu Tari Sajojo yang memiliki kostum unik ditampilkan di ‘Welcoming dinner & Cultural Performance G20 Indonesia’ yang diadakan di Garuda Wisnu Kencana (GWK) pada Selasa (15/11/2022), di hadapan para pemimpin G20.

Tari Sajojo merupakan tari tradisional Papua yang biasanya ditampilkan pada acara adat untuk menyampaikan pesan selamat datang atau pada hiburan suatu acara. Tarian ini termasuk tarian pergaulan yang bisa ditarikan oleh siapa saja, baik pria maupun wanita, tua maupun muda.

Tentunya Tari Sajojo memiliki makna, yaitu menggambarkan keceriaan dan kebersamaan yang dapat terlihat dari gerakan-gerakan tarian tersebut. Sampai saat ini, Tari Sajojo terus dilestarikan dan dikembangkan dengan tetap menjaga kekhasan lagu dan keunikan gerakannya.

Selain lagu dan gerakan, Tari Sajojo juga memiliki properti khas yang wajib digunakan, di antaranya:

1. Penutup Kepala

Penutup kepala dari Tari Sajojo biasanya terbuat dari bahan kayu yang dihaluskan, bulu burung, dan daun sagu yang dibuat melingkar. Fungsi penutup kepala ini untuk memperlihatkan kebudayaan yang alami dari Papua.

2. Rok dan Gelang Rumbai

Pada tarian Sajojo, rok dan gelang terbuat dari daun sagu kering. Gelang akan dipakai pada tangan maupun kaki pada penari perempuan dan laki-laki. Biasanya, keduanya memiliki warna yang senada.

3. Kalung

Kalung yang digunakan merupakan liontin kalung yang dapat terbuat dari gigi hewan, tulang, maupun batu. Selain itu, terdapat kalung panjang yang biasanya digunakan dengan cara menyilang.

4. Lukisan Khas Papua

Ketika tarian dimulai, penari akan membawa lukisan ke hadapan penonton yang ditempatkan di dada, tangan maupun kaki laki-laki. Lukisan ini biasanya menggambarkan etnis masyarakat atau dapat berupa flora dan fauna yang sering terlihat mudah ditemukan di Papua.

5. Senjata

Senjata yang dibawa pada Tari Sajojo yaitu tombak, karena senjata inilah yang sering digunakan oleh masyarakat Papua dalam kehidupan sehari-hari untuk berburu.

6. Tifa

Selain kelima properti di atas, properti ini tidak kalah penting dalam tarian sajojo. Tifa merupakan alat musik khas Papua yang berbentuk seperti gendang. Terbuat dari kayu dan dilubangi sisi tengahnya. Tifa memiliki suara yang lebih ringan dan hanya memiliki satu suara.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait