Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
Beautydoozy

Mengenal Perbedaan Whitehead dan Blackhead serta Cara Mengatasinya

Kintan Lestari,
18 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Perbedaan Whitehead dan Blackhead serta Cara Mengatasinya
Image: Ilustrasi cara atasi komedo. (Freepik/benzoix)

Jakarta - Salah satu masalah kulit yang banyak dialami orang adalah jerawat. Dan jerawat ini ada banyak jenisnya, salah satunya komedo

Nah, komedo juga ada dua jenis, yakni komedo hitam (blackhead) dan komedo putih (whitehead). Apa sih bedanya?

Melansir Medicinenet, whitehead dan blackhead terjadi ketika pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak.

Whitehead adalah benjolan putih kecil, atau kadang berwarna kuning, yang terjadi ketika pori-pori di kulit tersumbat dan kulit di atasnya tertutup. 

Sementara blackhead adalah titik hitam kecil pada kulit yang terjadi ketika pori-pori yang tersumbat tetap terbuka dan terkena udara, menyebabkannya teroksidasi dan menjadi gelap.

Selain karena minyak, sel kulit mati, atau bakteri yang terperangkap di bawah pori-pori, kedua jenis komedo ini juga muncul karena perubahan hormon, sering menyentuh wajah, konsumsi obat tertentu, serta iritasi pada folikel rambut.

Baik whitehead dan blackhead umumnya tidak terasa sakit. Hanya saja bagi sebagian orang keberadaannya mengganggu penampilan. Dan ada beberapa whitehead yang berkembang menjadi jerawat.

Buat kamu yang punya masalah dengan whitehead atau blackhead, solusinya bisa dengan menggunakan produk dengan bahan aktif tea tree oil, alpha hydroxy acid (AHA), witch hazel, niacinamide, atau clay mask.

Jadi kesimpulannya, komedo putih dan komedo hitam sama-sama disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat. Perbedaan antara keduanya adalah apakah kulit menutup atau tetap terbuka dan terkena udara di tempat penyumbatan terjadi.

Itu dia Urbanreaders penjelasan mengenai blackhead dan whitehead. Sekarang kalau kalian lagi di depan kaca, kalian bisa tahu di wajah kamu ada whitehead atau blackhead atau justru tidak.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait