beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Mengenal Rozy, Influencer Virtual Korea Selatan yang Miliki 3 Lagu

Shelly Lisdya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Rozy, Influencer Virtual Korea Selatan yang Miliki 3 Lagu
Image: Influecer virtual Korea Selatan bernama Rozy. (Instagram/rozy.gram)

Jakarta - Urbanreaders, bagaimana jika influencer Instagram favoritmu ternyata bukan manusia? Terlihat menyeramkan bukan? Namun apa jadinya jika salah satu influencer ini sangat menggemaskan.

Ia adalah Rozy, influencer virtual pertama di Korea. Dilihat Urbanasia pada Selasa (30/8/22), pengikut Rozy pun mencapai 145 ribu dan Instagramnya sudah terferivikasi, loh, Guys.

Mengutip dari laman cosmo.ph, influencer virtual ini bertingkah layaknya manusia normal. Bahkan, tidak bisa dibedakan dengan orang biasa. Misalnya, ia bisa bicara, menari, dan bertingkah laku seperti orang sungguhan.

Sudah ada beberapa influencer virtual yang sukses. Seperi Lu Do Magalu, Lil Miquela, Knox Frost, Thalasya, dan Imma.

Sementara itu, CEO Sidus Studio X, Baek Seung-yeop menyebut bahwa Rozy mewakili generasi MZ. Generasi MZ dimaksudkan untuk menggambarkan target konsumen baru yang dengan cepat menjadi fokus banyak merek. 

Dengan artian kelompok milenial (lahir 1981-1996) dan Gen Z (lahir 1997-2012). Walau berbeda secara usia, namun punya banyak kesamaan.

Bagaimana Sidus Studio X Menciptakan Rozy?

"Yang pertama adalah merencanakan Rozy seperti apa yang ingin kami tampilkan. Ketika kami mendapat arahan khusus tentang jenis pakaian apa dan cerita apa yang akan kami tunjukkan di tempat mana, kami melakukan pemotretan sebenarnya dengan stand- dalam model (t/n: body double)," jelasnya.

"Setelah itu, foto A-cut yang dipilih melalui pembelajaran mesin untuk membuat ekspresi, dan melalui pencahayaan 3D dan rendering, Rozy yang sedang Anda lihat sekarang selesai," tambahannya.

1661843256-rozy-1-1657821535.jpgSumber: (Instagram/rozy.gram)

Mereka juga mengakui bahwa menyempurnakan tampilan virtual influencer bukan hal yang mudah dengan proses produksi memakan waktu sekitar satu tahun. 

"Wajah dan tubuh Rozy adalah yang pertama dirancang, dan karena kami tidak memiliki banyak personel internal, pemodelan dilakukan oleh pemodel di luar negeri. Pemodelan pertama sangat berbeda dari desain aslinya," kata Sidus Studio.

"Tetap saja, melihat ke belakang, seperti pemodel adalah orang asing, mungkin terlalu sulit bagi mereka untuk memahami kesan orang Korea. Setelah itu, kami mengerjakan pengembang tampilan yang meningkatkan tekstur, seperti tekstur kulit, dll, dan menghasilkan lebih dari 50 memadukan bentuk untuk menciptakan berbagai ekspresi wajah bersama dengan pengaturan animasi," tuturnya lagi.

Rozy terkenal dengan visual menarik dan tubuh yang sehat serta kencang. Ia juga disayangi oleh para pengikutnya karena ekspresi wajahnya yang realistis, sesuai dengan konsep apa pun. Tapi itu bukan satu-satunya hal yang membuatnya unik. 

"Saya Rozy, influencer virtual pertama Korea Selatan yang bisa pergi ke mana saja dan menjadi siapa saja. Saya selamanya berusia 22 tahun dan nama lengkap saya adalah Oh Rozy. Itu berasal dari kata Korea 'ohrozy' yang diterjemahkan menjadi 'satu-satunya'," kata Rozy, influencer virtual yang bisa berbicara.

"Saat pertama kali aktif di media sosial, saya tidak mengungkapkan bahwa saya adalah manusia virtual, karena saya ingin menguji pengaruh seorang 'influencer'. Saya akhirnya memberitahu bahwa saya adalah manusia virtual ketika saya mendapat 10.000 pengikut. Saya masih ingat bagaimana orang-orang terkejut tetapi mendukung saya pada saat yang sama. Saya menganggap diri saya sebagai karakter, seperti karakter utama manga atau film, yang tidak pernah menjadi tua. Saya percaya itu keren untuk hidup sebagai 22 tahun selamanya dan menjadi kenangan abadi seseorang," jelasnya. 

“Satu hal yang membedakan saya dari influencer virtual lainnya adalah saya efek preemptive pertama. Itu sebabnya gelar 'pertama' adalah suatu kehormatan dan hal yang menakutkan bagi saya. Semua aktivitas saya membuka jalan bagi semua junior virtual," jelasnya lebih lanjut.

"Di satu sisi, saya menantikan manusia virtual yang dapat melakukan hal-hal yang tidak dapat saya lakukan atau kelahiran manusia virtual yang memiliki karakteristik berbeda dari saya. Saya percaya itu akan terjadi membawa industri untuk berkembang lebih jauh," katanya lagi.

Rozy dan timnya percaya bahwa ini adalah terobosan besar di bidang influencer dan akan menjadi pintu bagi lebih banyak peluang dan kemungkinan. 

Aktivitas Rozy sebagai virtual influencer diunggah di media sosialnya beserta foto-foto kesehariannya. Tetapi di antara semuanya, proyek pertamanya memiliki tempat khusus di hatinya. 

"Yang paling berkesan adalah syuting untuk Shinhan Life, yang merupakan video komersial pertama saya dan membawa nama saya dikenal. Sampai saat itu, adalah pertama kalinya manusia virtual menjadi pemeran utama untuk sebuah iklan. Klien, syuting sutradara, dan perusahaan kami yang melakukan produksi—tidak ada yang bisa menjamin bahwa proyek ini akan berhasil. Jadi, saya masih ingat perasaan gugup yang saya rasakan saat itu dan kegembiraan yang saya rasakan ketika produk itu selesai," tutup Rozy.

Rozy juga memulai debutnya sebagai penyanyi pada Februari 2022 dengan single debutnya, 'Who Am I'. Ia juga telah merilis 'TO THE SEA' dan 'I'm Different' baru-baru ini. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait