Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Mengenal Serba-serbi Diet Plant Based

Griska Laras,
15 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Serba-serbi Diet Plant Based
Image: Ilustrasi sayuran (Pixabay/congerdesign)

Jakarta - Tren diet plant based belakangan ini makin digemari banyak orang, termasuk bintang film ‘Spiderman’, Jacob Batalon. 

Bukan cuma efektif menurunkan berat badan, menerapkan diet ini juga baik untuk kesehatan tubuh. Berikut Urbanasia rangkum serba-serbi diet plant based yang perlu kamu tahu. 

Diet Plant Base, Apa Sih Itu? 

1636352492-04-Ilustrasi-Bayam-Racool-studio.jpgSumber: Ilustrasi sayuran hijau (freepik: Racool_studio)

Ahli diet asal Canada, Abby Langer, menyebut diet plant based (diet makanan nabati) merupakan pola makan yang mayoritas mengonsumsi protein nabati, seperti sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Diet ini juga menekankan pada makanan yang utuh atau tidak terlalu banyak diproses. 

Beda Diet Plant Based dengan Diet Vegan

1638092756-Veggie.jpgSumber: Sayur dan buah (Foto: Freepik//JComp)

Meski sepintas mirip, diet plant based berbeda dengan diet vegan. Orang yang menerapkan pola makan plant based masih bisa mengonsumsi daging. 

Sementara diet vegan, kamu sama sekali tidak boleh mengonsumsi daging, susu, keju dan produk olahan hewan lain. 

Beberapa orang yang memilih untuk mengikuti pola makan vegan biasanya punya alasan dan komitmen yang kuat, misalnya kesehatan hingga etika hewan lingkungan. 

Tips dan Trik Diet Plant Based

1628510623-Pixabay-Shirley810.JPGSumber: Ilustrasi makanan sehat. Sumber: Pixabay/Shirley810

Buat Urbanreaders yang baru mau mencoba diet plant based, kamu bisa memulai secara perlahan. Misalnya, mulai mengurangi konsumsi daging merah sedikit demi sedikit. 

Mengonsumi menu makanan yang sama setiap hari tentunya akan membuat kita cepat bosan. Akhirnya, diet pun gagal. Karena itu, buatlah menu yang bervariasi untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. 

Selain  menu, perhatikan juga proses memasak makanan plant based. Alih-alih membutuhkan proses masak yang panjang. Makanan berbasis nabati justru hanya perlu diolah dengan cara sederhana. 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait