beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Mengenal Seribu Patung di Taman Gandrung Terakota Banyuwangi

Shelly Lisdya,
lebih dari 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Seribu Patung di Taman Gandrung Terakota Banyuwangi
Image: Taman Gandrung Terakota. Sumber: Instagram @gandrung.terakota.

Jakarta - Indonesia memang memiliki seribu budaya. Biasanya, budaya ini menjadi ciri khas untuk mengenalkan suatu wilayah. 

Seperti salah satunya di Banyuwangi, Jawa Timur, budaya yang paling dikenal adalah Tari Gandrung. Tarian ini merupakan media dalam mewujudkan rasa syukur terhadap Dewi Sri atau Dewi Padi atas tanah yang subur dan hasil bumi yang berlimpah. Sebelum zaman kemerdekaan, Gandrung ditarikan oleh kaum pria. Namun kini, pertunjukan ini didominasi oleh para penari wanita muda.

Tari Gandrung merupakan seni pertunjukan yang diirngi musik khas Gamelan Osing. Tari Gandrung biasa dilakukan berpasangan antara perempuan (penari gandrung) dan laki-laki (pemaju) yang dikenal dengan “paju”.

Kemudian, Tari Gandrung biasa dipentaskan ketika acara pernikahan, pethik laut, khitanan, tujuh belasan serta acara-acara resmi maupun tidak resmi lainnya. Bahkan, hampir semua daerah di Banyuwangi atau daerah sekitarnya mengenal Gandrung sebagai bentuk tarian.

1612518621-Screenshot-20210205-144150-Instagram.jpgSumber: Taman Gandrung Terakota. Sumber: Instagram @gandrung.terakota.

Nah, dalam melestarikan budaya ini, pemerintah pun membuat ikon pariwisata dengan membangun Taman Gandrung Terakota.

Tak seperti taman-taman lainnya, di taman ini isinya merupakan ribuan patung penari Gandrung yang terbuat dari tanah liat.

1612518607-Screenshot-20210205-144301-Instagram.jpgSumber: Taman Gandrung Terakota. Sumber: Instagram @gandrung.terakota.

Nah, jika Urbanreaders berkunjung ke sini, kamu akan disuguhkan dengan bukit hijau dan hamparan sawah, petani yang tengah membajak sawah, kebun kopi, pohon durian, beraneka jenis bambu, serta tanaman endemik setempat. 

Selain itu, kamu juga bisa melihat keindahan pegunungan sekitar. Di sini, kamu bisa melihat gunung Merapi, Raung, Meranti, Suket dan Ijen dari kejauhan guys. Gimana, tertarik berkunjung ke Taman Gandrung Terakota?

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait