beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Mengenal Talc, Bahan yang Selalu Ada di Produk Makeup

Kintan Lestari,
22 Maret 2022 15.54.05 | Waktu baca 1 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Talc, Bahan yang Selalu Ada di Produk Makeup
Image: Ilustrasi talc dalam produk makeup. (Freepik/master1305)

Jakarta - Urbanreaders, kalian pernah iseng nggak baca ingredients di produk makeup? Kalau pernah, kamu pasti menemukan ada kandungan talc deh di dalamnya. Apa kegunaan talc?

Talc merupakan ingredient yang banyak digunakan dalam sejumlah besar produk kosmetik seperti antiperspiran, alas bedak, blush, produk pembersih kewanitaan, atau produk perawatan bayi, untuk berbagai manfaat.

Talc merupakan mineral alami yang terdiri dari magnesium, hidrogen, oksigen, dan silikon yang bergabung membentuk apa yang dikenal sebagai magnesium silikat anhidrat. Kandungan ini punya kemampuan menyerap dan bentuknya transparan. Ketika dimasukkan ke produk makeup, talc memberikan hasil lembut pada kulit.

Namun belakangan bahan kandungan ini jadi kontroversial karena disebutkan mengandung serat asbes yang dikenal sebagai chrysotile, yang menimbulkan risiko serius bagi kesehatan paru-paru saat dihirup.

Kemudian juga ada yang menyebut talc punya kaitan dengan kanker ovarium. Maka dari itu, banyak yang khawatir dengan penggunaan talc pada kulit dan mempertanyakan keamanannya.

Apakah kandungan talc berbahaya? Apakah talc aman untuk wajah? Melansir Drugwatch, Badan POM AS (FDA) menyebut talc 'aman' untuk digunakan dalam kosmetik dan produk lainnya apabila asbestos-free talc. Namun mereka masih terus melakukan penelitian terkait isu ini.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait