beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Mengenal Kombucha Jenis Ingredients Skincare yang Hits, Ini 4 Manfaatnya!

Kintan Lestari,
8 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Kombucha Jenis Ingredients Skincare yang Hits, Ini 4 Manfaatnya!
Image: Teh kombucha. (Freepik/nastymr)

Jakarta - Muncul satu lagi ingredients skincare yang sedang hits nih, Urbanreaders. Ingredients tersebut adalah kombucha. Apa sih itu? 

Kombucha adalah teh yang sudah difermentasikan. Dibuat dengan menambahkan strain bakteri, ragi, dan gula tertentu ke teh hitam atau hijau, lalu dibiarkan berfermentasi selama seminggu atau lebih.

Minuman satu ini punya banyak manfaat, yang mana tak hanya baik untuk kesehatan tapi juga kecantikan. 

Berikut manfaat kombucha untuk kulit yang perlu kamu tahu seperti dirangkum Urbanasia dari berbagai sumber.

1. Mengurangi Jerawat

Berdasarkan sebuah penelitian di Journal of Gastroenterology and Hepatology, kombucha juga dapat membantu mengurangi peradangan kulit, yang merupakan kabar baik bagi penderita eksim dan jerawat. 

Kombucha mengandung asam organik dan probiotik alami, yang 'telah terbukti meningkatkan penghalang kulit dan mempengaruhi hidrasi kulit', dan menjaga keseimbangan alami kulit, sehingga mengurangi jerawat!

2. Eksfoliasi

Kombucha bisa untuk eksfoliasi harian dan formulanya tergolong lembut. Jadi nggak perlu khawatir kulit jadi kemerahan atau iritasi.

"Karena kombucha mengandung bakteri asam laktat, kombucha membantu mengangkat sel kulit mati dan mengurangi hiperpigmentasi dari waktu ke waktu,” kata Dr. Engelman.

3. Menenangkan Iritasi Kulit

Di dalam kombucha terdapat probiotics, yang umumnya bakteri yang dimasukkan adalah lactobacillus. Kandungan bakteri tersebut membantu menenangkan iritasi kulit. 

"Probiotik dalam perawatan kulit bekerja dengan kulit untuk mempromosikan bakteri baik dan menjaga mikrobioma dalam keadaan seimbang," kata dokter kulit bersertifikat di New York, Marina Peredo seperti dikutip The Zoe Report, (2/27/2021).

Ahli terapis perawatan kulit Inna Knyazenvch juga menjelaskan manfaat kombucha untuk kulit. 

“Bahan-bahan fermentasi yang mengandung probiotik dapat membantu memperbaiki kondisi kulit yang meradang dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Dan menambahkan probiotik ke dalam perawatan kulit akan membantu [menciptakan] mikrobioma kulit yang lebih sehat dan meningkatkan kekebalannya untuk melawan racun dan bakteri lingkungan,” jelasnya. 

4. Kaya Antioksidan

Di kombucha juga ada kandungan antioksidan yang mana membantu melawan radikal bebas dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini. 

Kombucha juga mengandung bakteri asam laktat, yang menurut Dr. Peredo dapat mengelupas kulit secara ringan untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit, serta mengurangi garis-garis halus dan bintik hitam. 

Nah, itu dia Urbanreaders manfaat kombucha untuk kulit. So, nggak heran ya kalau ingredients ini belakangan digunakan untuk produk-produk skincare.

Ada produk skincare kamu nggak nih yang menggunakan ingredients kombucha? 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait