Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Mengintip Wahana di TMII, Apa Saja?

Shelly Lisdya,
8 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengintip Wahana di TMII, Apa Saja?
Image: Ilustrasi Taman Mini Indonesia Indah (Pinterest-behance)

Jakarta - Pemerintah Indonesia mengambil alih pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari Yayasan Harapan Kita.

FYI nih guys, yayasan tersebut didirikan oleh mendiang istri Soeharto, Tien Soeharto. Yayasan tersebut mengelola TMII sejak tahun 1977.

Ada beberapa museum di TMII, antara lain Museum Purna Bhakti Pertiwi, yang kerap disebut Museum Soeharto.

Melansir dari laman TMII, wahana wisata budaya ini dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 150 hektar atau 1,5 kilometer persegi. 

Di Indonesia, hampir setiap suku bangsa memiliki bentuk dan corak bangunan yang berbeda, bahkan tidak jarang satu suku bangsa memiliki lebih dari satu jenis bangunan tradisional. Bangunan atau arsitektur tradisional yang mereka buat selalu dilatarbetakangi oleh kondisi lingkungan dan kebudayaan yang dimiliki. 

1617870532-anjungan-TMII-(Pinterest-flickr).jpegSumber: Salah satu anjungan di Taman Mini Indonesia Indah (Pinterest-flickr)

TMII, mewujudkan gambaran tersebut melalui Anjungan Daerah, yang mewakili suku-suku bangsa yang berada di 33 Provinsi Indonesia. Anjungan provinsi ini dibangun di sekitar danau dengan miniatur Kepulauan Indonesia, secara tematik dibagi atas enam zona; Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Tiap anjungan menampilkan bangunan khas setempat.

Di tengah-tengah TMII, terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya, kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku), berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMIII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota.

1617870507-snowbaywaterpark-tmii-.jpegSumber: Snowbay Waterpark di TMII (snowbaywaterpark-tmii/Instagram)

Pada rapat pengurus YHK di Jalan Cendana nomor 8 Jakarta, Tien Soeharto menyampaikan gagasan pembangunan TMII pada bentuk dan sifat isian proyek berupa bangunan utama bercorak rumah-rumah adat yang dilengkapi dengan pergelaran kesenian, kekayaan flora fauna, dan benda budaya lain dari masing-masing daerah yang ada di Indonesia. 

Gagasan tersebut dilandasi oleh suatu keinginan untuk membangkitkan kebanggaan dan rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air, serta untuk memperkenalkan Indonesia kepada bangsa-bangsa lain di dunia. 

Ada banyak wahana di TMII, mulai dari taman rekreasi, anjungan daerah, kereta gantung, teater IMAX keong emas, wahana angsa dan sepeda air, taman burung, monorail titihan samirono, istana anak Indonesia, dunia air tawar serta Snowbay Waterpark.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait