Hot News

Jakarta - Memiliki ribuan pulau membuat Negara Indonesia diwarnai dengan berbagai macam perbedaan suku bangsa, budaya, agama dan adat istiadat.

Indonesia memiliki enam agama yang diakui secara sah, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

Lalu, perbedaan ras penduduk di Indonesia, setidaknya dapat dikelompokkan sebagai berikut:

1. Ras Malayan-Mongoloid di Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan dan Sulawesi.
2. Ras Melanesoid di Papua, Maluku dan Nusa Tenggara Timur.
3. Ras Asiatic Mongoloid seperti orang Tionghoa, Jepang dan Korea yang tersebar di seluruh Indonesia.
4. Ras Kaukasoid yaitu orang India, Timur Tengah, Australia, Eropa dan Amerika.

Keberagaman itu kemudian dirangkai dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika (semboyan negara Indonesia) yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu.

Semboyan tersebut menggambarkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang memiliki berbagai keberagaman. Keberagaman itu juga menjadi kekayaan bangsa Indonesia.

Sayangnya, keberagamaan itu justru kerap menimbulkan konflik, terutama pada perbedaan suku dan agama. Padahal, jika kita mampu memahami esensi dari keberagaman, tentu perbedaan bukanlah menimbulkan problem baru tapi keunikan yang hakiki.

Oleh karena itu, Urbanasia bersama Telkomsel ingin mengajak masyarakat untuk menjunjung nilai kebangsaan dari berbagai keberagaman yang dimiliki Indonesia lewat sebuah kompetisi video 'Telkomsel URvideo competition 2020'.

Hadirnya 'Telkomsel URvideo competition 2020' diharapkan membantu masyarakat mengerti bahwa ada banyak fenomena sosial, kultur dan keberagaman di sekitar kita yang bisa diangkat menjadi sebuah karya yang ciamik loh!

Selain itu, kompetisi yang bertema  'The Pride of Diversity In Indonesia' ini sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan Indonesia, guys.

So, buat kamu yang udah penasaran dengan kompetisi ini? Yuk, cek info selengkapnya di urbanasia.com dan sosial media Urbanasia dan Telkomsel ya!


Loading ..