Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Pengertian FWB Alias Friends with Benefits dan Kerugiannya

Kintan Lestari,
22 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pengertian FWB Alias Friends with Benefits dan Kerugiannya
Image: Ilustrasi hubungan seksual. (Freepik)

Jakarta - Urbanreaders, kalian pasti pernah baca kata 'FWB' kan di sosial media atau grup chat kalian. Nah, apa sih itu FWB itu? FWB adalah singkatan dari Friends with Benefits. 

FWB atau Friends with Benefits merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menyebut hubungan yang bersifat seksual tanpa ikatan. 

Jadi dua orang sahabat yang percaya satu sama lain untuk melakukan aktivitas seksual tanpa takut akan menyakiti perasaan satu sama lain. Ini adalah skenario ideal untuk orang-orang yang tidak tertarik pada hubungan serius, atau yang tidak punya waktu untuk itu. 

Jadi dua orang tersebut bukan pacar atau tidak berpacaran. Maka dari itu, tidak ada pihak yang harus menahan diri bila ingin berkencan dengan orang lain. Hubungan macam ini sering diperlihatkan dalam film dan digambarkan oleh remaja di kota besar.

Karena status hubungan yang tidak jelas itu, umumnya FWB lebih banyak bikin penganutnya rugi. Adapun kerugian dari menjalani hubungan ini, di antaranya:

1. Cemburu

1628429180-cemburu--freepik-photoroyalty.jpgSumber: Ilustrasi cemburu (Freepik-photoroyalty)

Hubungan ini memang diawali dua orang yang tidak ingin menjalani hubungan serius. Tapi pertemuan yang rutin bikin hubungan makin intens. Dan akhirnya berujung pada salah satu pihak punya perasaan lebih. Alhasil begitu partner-nya tertarik pada orang lain, satu pihak ini merasakan cemburu.

2. Cintamu Tidak Terbalas

1613964982-kesepian-dalam-hubungan--freepik.jpgSumber: Ilustrasi kesepian dalam hubungan (Freepik)

Dalam FWB biasanya ada satu pihak yang berakhir dengan memiliki rasa cinta pada pihak lain. Sayangnya, karena satu pihak itu tidak ingin menjalin hubungan serius, maka perasaanmu pastinya tidak akan terbalas.

3. Kehilangan Sahabat

1624703054-Manipulatif.jpgSumber: Hubungan pertemanan (Freepik/PressFoto)

Salah satu masalah yang paling jelas dalam hubungan semacam ini adalah bahwa kamu akan kehilangan sahabatmu. Seiring waktu, kamu akan mulai merasa tidak dapat lagi berbicara dengan bebas tentang segala sesuatu di hidupmu, terutama dalam hal kehidupan cinta. Kamu tidak akan lagi dapat berpaling ke sahabatmu yang pernah menjadi tempat mencurahkan rasa tidak aman dan perasaan terdalam kamu.

4. Merasa Kesepian

1611888652-kesepian.jpgSumber: Ilustrasi kesepian. (Freepik/bunditinay)

Saat circle kamu sudah menikmati hubungan yang stabil seperti menikah dan punya anak, kamu pasti akan mulai merasa ditinggalkan, kesepian, dan dimanfaatkan. Dengan mengamati teman-temanmu yang sudah bahagia dengan pasangannya, kamu akan diingatkan bahwa hubunganmu dan sahabat kamu tidak dapat dibandingkan. 

5. Merusak Harga Diri

1611112635-Ilustrasi-Sedih.jpgSumber: Ilustrasi sedih. (pixabay)

Saat menjalani hubungan ini, di dalam hati kamu tahu bahwa temanmu tidak benar-benar tertarik pada dirimu secara romantis. Dan ini akan sangat memengaruhi rasa keinginanmu sendiri dan daya tarik orang lain. Hubungan semacam ini bisa sangat merusak harga dirimu ketika kamu dihadapkan pada kenyataan pahit bahwa temanmu ini dapat dengan mudah melepaskan kamu dan memutuskan untuk mengakhiri hubungan di antara kalian.

Nah, itu dia kerugian dari menjalani hubungan FWB, guys. Meski demikian, tidak semua kasus FWB bikin rugi kok. Ada juga loh yang akhirnya status hubungan mereka jadi meningkat ke arah berpacaran.

Jadi tidak selamanya orang menjalani Friends with Benefits akan berakhir buruk. So, pilihan untuk menjalani hubungan semacam itu atau tidak kembali lagi pada Urbanreaders semua.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait