Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Menkes: Ada 3 Ribu Orang Positif COVID-19 Jalan-jalan ke Mal

Shelly Lisdya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Menkes: Ada 3 Ribu Orang Positif COVID-19 Jalan-jalan ke Mal
Image: Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. (Dok. BNPB)

Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut, sekitar tiga ribu orang yang positif COVID-19 berkeliaran. 

Data ribuan orang tersebut terdeteksi dari aplikasi Pedulilindungi. Sebelumnya, setelah satu bulan peluncuran aplikasi tersebut, sekitar 29 juta orang sudah menggunakan aplikasi. 

"Bisa dilihat suprisingly, ada sekitar 3.830 orang yang masuk kategori hitam (positif -red) masih jalan-jalan. Tidak menjalankan isolasi," kata Budi dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Senin (13/9/2021).

Dari jumlah tersebut, Budi merincikan, 3.161 orang terdeteksi melakukan check-in masuk ke mal atau pusat perbelanjaan. Kemudian 348 orang lainnya terdeteksi masuk ke dalam pabrik industri.

Lalu 43 orang masuk ke bandara, 63 orang menggunakan jasa kereta api, dan 55 orang lainnya akan masuk ke restoran. 

"Masih masuk mal 3 ribu orang, masih masuk ke bandara 43 orang, masih naik kereta 63 orang, masih masuk restoran juga 55 orang," jelasnya.

"Padahal mereka ini adalah orang-orang yang sudah teridentifikasi positif COVID-19, yang seharusnya stay di rumah atau isolasi terpusat," tegasnya.

Ke depan, apabila ada orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 terdeteksi di aplikasi PeduliLindungi, Budi menegaskan, pihaknya bakal langsung menjemputnya.

"Ini agar mereka segera melakukan isolasi," tandasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait