Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Meski Pandemi, IDPFEST 2021 Tetap Hadir untuk Pecinta Musik

Deandra Salsabila,
10 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Meski Pandemi, IDPFEST 2021 Tetap Hadir untuk Pecinta Musik
Image: IDPFEST 2021. (Instagram @idpfest)

Jakarta - IDPFEST 2021 (Indonesia Drum & Perkusi Festival) tetap hadir meski pandemi COVID-19 masih melanda Indonesia. Dengan tekad serta semangat yang tinggi, IDPFEST 2021 pun berusaha tetap konsisten kepada generasi penerus pecinta musik, drum dan perkusi, melanjutkan kegiatan dengan mengedepankan protokol kesehatan (prokes).

IDPFEST 2021 hadir untuk memberikan ruang apresiasi, kreasi, inovasi dan eksplorasi bagi anak, remaja, keluarga dan masyarakat pecinta seni musik, drum dan perkusi untuk mengembangkan seni budaya perkusi yang tertunda. Selain itu, juga sebagai sarana mempererat hubungan dan kekompakan keluarga dengan adanya kegiatan di masa pandemi.

“Menggugah dan Melatih bunyi-bunyian yang bersifat perkusif dan membantu teman-teman seniman musik, drummer, perkusionis yang sangat membutuhkan dengan memberikan sebahagian hasil Lelang & Donasi,” jelas IDPFEST 2021 lewat keterangan tertulis, Rabu (13/10/2021).

Selain itu, IDPFEST hadir demi membantu teman-teman seniman serta IDP daerah agar tetap produktif dan berkarya. Acara ini juga hadir dengan berbagai inovasi di setiap tahunnya.

Akhirnya, sampai batas waktu pendaftaran peserta kompetisi pada 21 Agustus 2021, tercatat 92 peserta kompetisi dari berbagai daerah di Indonesia dan terkumpul 177 video sampai batas akhir pengiriman video yaitu 31 Agustus 2021.

Dari 92 peserta kompetisi, terdapat 48 peserta kompetisi drum Anak, 37 peserta kompetisi drum remaja dan 7 peserta kompetisi kolaborasi drum & perkusi. 

Kompetisi ini memiliki dewan juri yang terdiri dari Cendi Luntungan (Drummer & Drum Instructor), Adi Prasodjo (Perkusionis & Percussion Instructor) dan Denny AJD (Drummer & Drum Instructor) melakukan penjurian dan penilaian secara online dengan sistem ranking pada 5–12 September 2021. 

Grand Final IDPFEST 2021 akan diselenggarakan pada hari Minggu, (24/10/2021) mulai pukul 16.00–20.45 WIB di DSS studio serta ditayangkan di akun YouTube IDPFest dan DSSMusic secara hybrid live streaming, dimana hanya host, juri dan satu penampilan pentas seni budaya secara live performance. Selebihnya, untuk seluruh peserta akan diadakan secara virtual melalui video performance.

Para peserta dan pemenang nantinya akan mendapat sertifikat, medali, plakat, dan hadiahnya masing-masing. Sertifikat penghargaan akan diberikan kepada seluruh peserta kompetisi. Sedangkan medali IDPFEST akan diberikan kepada seluruh peserta masuk final.

Selain itu, sertifikat terbaik akan diberikan kepada seluruh peserta terbaik setiap kategori. Plakat Cymbal pun diberikan kepada seluruh terbaik 1,2 dan 3 setiap kategori. Lalu, plakat IDPFEST akan diberikan kepada seluruh terbaik 1 dalam setiap kategori. Pemberian hadiah nantinya akan berupa dana pembinaan dengan jumlah berbeda yang sudah disesuaikan dengan peringkat juara.

Dalam salah satu misi IDPFEST adalah memberikan bantuan dan fasilitas kesehatan, termasuk bantuan berupa tabungan dan kesehatan. Dalam setiap kali acara IDPFEST, selalu berbagi terhadap sesama, terutama dalam masa-masa sulit seperti sekarang ini tak sedikit musisi, drummer, dan perkusionis yang terdampak akibat pandemi COVID-19.

Maka, selain mengadakan donasi, kali ini IDPFEST akan melelang beberapa barang atau alat musik di antaranya adalah 1 bh Snare Drum HARRY'S DRUM CRAFT-IDPFEST 2019 series, 1 bh Snare Drum PEARL DECADE Maple series 1455S, dan 1 bh TomTom DONS'S Drum-IDPFEST 2017 series incl. bracket.

Untuk hasil lelang dan donasi sebagian akan diberikan di waktu lain setelah penyelenggaraan Grand Final IDPFEST ini.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait